oleh

Kabupaten Bolmong Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama

KOTAMOBAGU POST, BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022 kategori Pratama, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada puncak acara penghargaan KLA yang digelar secara Hybird, Jumat, (22/07/2022).

Untuk Kabupaten Bolmong, bertempat dirumah dinas sekretaris daerah (Sekda) Bolmong. Tahlis Gallang, menyaksikan langsung secara online dan turut dihadiri Asisten III Ashari Sugeha, Kadis P3A Farida Mooduto, Kadis Perpustakaan Sumarni Bonde, Kadis KB I Ketut Kolak, Kadis Perumahan dan Permukiman Hendra Hamim, Camat serta forum anak kecamatan dan daerah.

Dalam sambutannya, Menteri KPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawanti menyampaikan, pemberian KLA ini diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Ia menjelaskan, evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja, pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan, pada akhirnya diberikan lima kategori yaitu pratama, madya, utama dan KLA.

“Namun sampai dengan saat ini sebenarnya kabupaten kota layak ini sudah mulai dari tahun 2006 sampai tahun 2022 sekarang ini. Untuk predikat KLA belum ada satu daerah pun ataupun provinsi yang mendapatkannya,” kata Menteri PPPA , dimalam penganugerahan secara online tersebut.

Ia pun memberikan apresiasi, dengan kerja-kerja yang luar biasa oleh pimpinan daerah sehingga pada malam hari ini dilakukan penganugerahan KLA, bagi kabupaten kota yang mendapatkan predikat walau masih pratama.

“Itu upaya yang luar biasa yang patut kami berikan apresiasi, terkait upaya yang sudah dilakukan oleh pimpinan daerah yang bapak ibu sudah lakukan sehingga mendapatkan predikat tersebut,” jelas Menteri.

Pada kesempatan itu, pula Menteri mengatakan ia diberikan amanah oleh Presiden RI Joko Widodo, di kementerian PPPA dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan anak. Kemudian juga dalam hal pemberdayaan perempuan itu tidak bisa diselesaikan secara sendiri dari kementerian tanpa kerja-kerja yang sinergi dan kolaborasi para kepala daerah Bupati, walikota dan gubernur selaku pemangku kebijakan didaerah masing – masing.

“Makanya peranan gubernur, Bupati dan Walikota akan sangat penting akan mewujudkan perempuan yang berdaya, kemudian juga pemenuhan hak anak dan perlindungan anak didaerahnya masing-masing,” harap Menteri.

Ia mengungkapkan, terkait penganugerahan kabupaten kota layak anak pada malam hari ini, setelah dilakukan penilaian secara objektif diberikan penganugerahan diberikan kepada 312 kabupaten kota yang terdiri dari 8 predikat Utama, 66 Nindya, 117 Madya, dan 121 Pratama.

“Dengan capaian itu kami memberikan apresiasi dan selamat kepada kepala daerah yang menerima penghargaan ditahun 2022 ini, atas segala upaya dan kerja sama yang telah diberikan. Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat dari tujuan akhir tapi penyemangat untuk semakin maju dalam pemenuhan hak dan melindungi hak anak,” tambah Menteri.

Usai penganugerahan KLA secara Hybird, Sekda Bolmong Tahlis Gallang memberikan apresiasi atas kerja dinas yang terkait yakni dinas PPPA, Bappeda dan Intansi terkait lainnya, sehingga kabupaten mencapai dengan mendapatkan penghargaan KLA dengan kategori Pratama.

“Mudah – mudahan ini bisa ditingkatkan untuk ditahun yang akan datang, ini baru penghargaan Pratama. Kita masih punya kategori beberapa kedepan. Jadi motivasi ini harus dijaga tidak boleh langsung puas, ada berbagai macam persoalan yang harus kita perbaiki ditahun yang akan datang,” harapnya.

Ia mengatakan gugus tugas yang ada baik dari dinas PPPA dan Bappeda sudah mengetahui, mengevaluasi dan kita perlu penguatan pada aspek mana.

“Jika kelemahan itu kemudian kita perkuat, bisa saja kedepannya bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan penghargaan kategori Nindya atau utama,” ungkap Tahlis

Ditambahkan, keuntungan dengan predikat ini menandakan kepedulian kita terhadap perlindungan anak itu sudah sangat tinggi. Dengan seperti itu, proses dalam pelibatan anak dalam setiap kegiatan pembangunan didaerah pasti akan lebih proaktif lagi.Kemudian, ini lebih memberikan motivasi kepada anak-anak kita, bahwa pemerintah daerah kabupaten Bolmong ternyata memberikan ruang pada mereka untuk berekreasi.

Selain itu, menjamin masa depan mereka terutama yang terkait dengan kebutuhan dasar bagi anak – anak. Baik dibidang kesehatan dan dibidang pendidikan.Kesempatan itu, Kadis PPPA Farida Mooduto, menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Sekda dan Bappeda serta instansi yang terkait yang telah mendukung dan membantu sehingga Bolmong mendapatkan penghargaan kategori Pratama.

“Hasil yang didapat berkat dukungan dan kerja kita bersama. Saya berharap kedepan sinergitas ini akan terus ditingkatkan serta apa yang kita harapkan akan lebih baik lagi,” tutupnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed