Ma’rif Mokodompit Jadi Nara Sumber Giat Komunikasi Sosial di Dumoga

Bolmong202 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMONG – Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Bolmong Marief Mokodompit S,Kom menghadiri sekaligus Menjadi pemateri dalam kegiatan Komunikasi Sosial dengan aparat Pemerintah Kodim 1303/BM tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Barak Totabuan Koramil 1303/BM-07 Dumoga Kamis (16/06/2022) dengan mengangkat tema “Pemanfaatan media sosial di era digital”.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Koramil/BM-07 Dumoga, Turut dihadir Kasdim Mayor Ahr Ahmad Janis, Komandan Koramil Kapten CZI Sardi O. Mamonto,camat se – Kecamatan Dumoga, Sangadi dan seluruh perangkat Kecamatan Dumoga Timur.

Mewakili Dandim 1303/BM, Kasdim Mayor Ahr. Ahmad Janis dalam sambutannya mengatakan. Untuk menjaga komunikasi yang baik antar sesama masyarakat ataupun pemerintah, perlu adanya komunikasi yang harus di bangun dengan baik. Tentunya ini bukan hanya tugas dari kepolisian, ini merupakan tugas dari semua unsur termasuk dari pihak.

“Menjalin komunikasi baik TNI aparat desa dan pemerintah agar terpelihara komunikasi dan keharmonisan dalam bermasyarakat,” Kata Kasdim.

Lanjut Kasdim, Pada umumnya, masyarakat sudah banyak yang menggunakan internet, didalamnya semua berita. Baik positif ataupun negatif, olehnya perlu disosialisasikan bagaimana cara menggunakan internet ataupun media sosial yang baik.

“Melalui kegiatan ini mari kita jaga silaturahmi dan sinergitas yang baik agar roda kehidupan bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Danramil Kapten CZI Sardi O. Mamonto dalam sambutannya menyampaikan, untuk mempererat hubungan antar TNI AD dan pemerintah, dengan menjalin hubungan ini kita mudah berkomunikasi dalam menjaga stabilitas keamanan. setiap informasi kecil yang didapat, apabila cepat dalam informasi maka kita bisa mendeteksi atapun mempersiapkan apa yang perlu dilakukan.

“Tunjuannnya hanya satu yakni mencipatakan wilayah yang aman tanpa gangguan apapun,” Katanya.

Olehnya, Danramil meminta kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam bermedsos, harus di Kroscek apapun yang ada di medsos. Jangan asal membagikan supaya tidak menimbulkan polemik dimasyarakat.

Kadis Kominfo Marief Mokodompit saat membawakan materinya mengungkapkan, di era globalisasi saat ini, media sosial memegang peranan penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi, ada positifnya dan ada negatifnya.

Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa batas.Beberapa media sosial yang kita gunakan karena kemudahannya adalah Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, WhatsApp dan lain-lain.

“Sekarang marak pula terjadinya penyalahgunaan medsos seperti penyebaran hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal fatal lainnya yang bisa merugikan banyak pihak. Olehnya kita dituntut supaya bisa menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab,” kata kepala Dinas Kominfo Marief Mokodompit.

Selain itu, dalam bermedsos harus menjaga etika, sopan santun, Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.

“Akan selalu ada limpahan informasi atau orang-orang tak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak agar harus mawas diri dalam menyaring informasi-informasi yang tersebar.

Selain itu, waspadai pula pengguna-pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal-hal lain yang tak diinginkan. (atek/kpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.