oleh

Yasti-Yanni Dilepas Secara Adat, Pj Bupati Limi Mokodompit Dikukuhkan Kolano Bolmong

KOTAMOBAGU POST –  Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanni R.Tuuk  (YSM-YRT) pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong masa  bhakti 2017-2022 resmi dilepas dengan upacara adat bertempat dirumah dinas bupati, di kawasan Lolak.

Pelepasan YSM-YRT dilangsungkan secara adat dipimpin oleh tokoh adat Chairun Mokoginta bersama perwakilan adat dari masyarakat dari 15 Kecamatan, se-Kabupaten Bolmong.

Upacara pelepasan adat tersebut kemudian dilanjutkan pada pukul 02.00 Wita, (Senin, 23/05/2022) dengan penerimaan dan pengukuhan secara adat kepada penjabat (Pj) Bupati Bolmong Limi Mokodompit bersama Ketua TP PKK Bolmong Iriana Suleha Mokodompit Uswanas S.SOS.

Sebelumnya kedatangan Pj Bupati Limi Mokodompit, dijemput resmi oleh  mantan pasangan Bupati Bolmong YSM-YRT. Keduangnya masih memakai baju adat baniang kemudian mengantar Limi Mokodompit menuju rumah dinas tempat prosesi adat dilangsungkan.

Dalam prosesi adat pemberian gelar Kolano kepada Limi Mokodompit selaku Pj Bupati Bolmong, disaksikan oleh pejabat Forkopimda Bolmong, Kapolres Bolmong AKBP Nova Surentu dan para pejabat terkait.

Juga ikut disaksikan oleh seluruh Kepala Desa (Sangadi) se Kabupaten Bolmong Raya, dan seluruh pimpinan OPD baik structural maupun ASN dari fungsional.

Awalnya Pj Bupati Limi Mokodompit yang dikawal oleh YSM dan YRT memasuki rumah dinas disambut dengan tarian Bolmong yakni Itum-itum dan tarian Ronggo.

Pasangan Bupati Periode 2017 2022 Yasti S Mokoagow Yanni R Tuuk tampak menyambut secara adat Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit

Kemudian Pj Bupati Bolmong dan Ketua TP PKK melalui prosesi adat yakni memakan suguhan sirih pinang dan duduk di kursi singgasana dan dijemput dengan tarian Kabela.

Dalam proses pengukuhan secara Bolmong kepada Pj Bupati Limi Mokodompit,  seluruh tokoh adat perwakilan dari Kabupaten Bolmong melaksanakan Mobakid (Musyawarah) dan menyatakan menerima Limi Mokodompit ditetapkan sebagai Kolano atau pemimpin bagi masyarakat di Kabupaten Bolmong.

Mewakil tokoh adat, Chairul Mokoginta kemudian melakukan penyematan bandang atau salempang ditubuh Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit dan prosesi selanjutnya mantan Bupati YSM kemudian menyerahkan tongkat kepada Pj Bupati Limi Mokodompit.

Kemudian para tua-tua adat perwakilan dari seluruh Kecamatan Bolmong dalam proses adat kemudian memberikan gelar kepada Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit sebagai Kolano.

Proses adat tersebut berlangsung dengan tertib yang hadir bersama pasangan Bupati YSM-YRT dengan memberikan restu kepada Limi Mokodompit untuk melanjutkan tampuk pemerintahan pelayanan pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bolmong.

Usai proses adat, Yasti Soepredjo Mokoagow yang mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan mengungkapkan ditetapkannya  Ir Limi Mokodompit MM sebagai Pj Bupati Bolmong, atas komitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou, menujuk putra daerah.

“Alhamdulillah hadir disini putra terbaik Bolmong bapak Ir Limi Mokodompit MM, saya atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan banyak selamat bertugas kepada Ir Limi Mokodompit MM, sebagai Pj Bupati Bolmong dengan sapaan Dega Nion Don,” kata YSM.

Yasti menyatakansepakat untuk membantu secara penuh pekerjaan Bupati Bolmong yang diamanatkan sesuai dengan undang – undang dan membuka lebar bila penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM, berkeinginan untuk diskusi bersama demi kemajuan Kabupaten Bolmong dibidang pembangunan, investasi, dan kemasyarakatan.

“Saya wajib sampaikan kepada penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM, bahwa kemarin Gubernur Sulut Olly Dondokambey, mohon untuk terus dikawal kawasan industri Mongondow (Kimong) segera terwujud. Karena Kimong ini sangat berdampak sangat besar pada masyarakat Bolmong. Bahkan berdampak pada masyarakat Bolmong raya,”  ujar Yasti penuh harap.

Yasti juga meminta kepadaseluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bolmong, untuk loyal sepenuhnya kepada penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM.

Penjabat Bupati Ir Limi Mokodompit MM, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Bolmong, Sekretaris Daerah para asisten staf ahli, kepala perangkat daerah, bagian, Sangadi dan lurah serta pada komponen masyarakat yang telah bekerja dengan keras mulai dari acara pelantikan sampai pada penyambutan secara adat pada hari ini.

Tampak Pj Bupati Bolmong Limi Mokodmpit bersama Ketua TP PKK djemput dengan tarian adat Itum Itum

Pada kesempatan itu, Limi juga menyampaikan terima kasih sebesar – besarnya kepada seluruh masyarakat diwilayah kabupaten Bolmong. Karena telah menyambut dan menerima kehadirannya dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dikabupaten Bolmong.

“Secara khusus saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya Mentari dalam negeri dan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou, yang telah memberikan kepercayaan pada saya menjadi penjabat Bupati Bolmong,” ungkap Mokodompit.

Limi juga menyampaikan terima kasih yang setinggi – tingginya pada Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yani Rony Tuuk Periode 2017- 2022, yang selama dalam kurung waktu lima tahun telah membangun, memajukan bekerja keras tulus dan ikhlas melayani daerah tercinta ini. Sehingga Bolmong sudah sangat banyak mengalami perubahan, perkembangan, pertumbuhan bahkan kemajuan yang begitu besar.

Diakhir sambutanya Pj Bupati mengharapkan dukungan dan suport serta kerja sama dan bantuan seluruhnya agar dia dapat menjalankan dan meneruskan berbagai program pembangunan di kabupaten Bolmong , yang telah direncanakan oleh Bupati dan wakil Bupati Bolmong periode 2017 – 2022.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan terima kasih sukur moanto kepada Bupati Guhanga dan Wakil Bupati serta Ketua Tim Penggerak PKK Bolmong. Yang sudah lima tahun membangun Kabupaten Bolmong. Olehnya apa yang sudah dibangun ibu Bupati dan wakil Bupati periode 2017 – 2022, wajib hukumnya kita dukung terutama saya yang hanya setahun sesuai SK untuk diberikan kesempatan, Ini waktu yang terlalu singkat untuk membangun sebuah daerah,” terang Limi.

Usai kegiatan yang dipusatkan dirumah dinas bupati, Lolak, seluruh pimpinan OPD dan para Sangadi se-Kabupaten Bolmong kemudian mengantar pasangan Bupati Bolmong Periode 2017-2022, YSM dan YRT pulang kerumah kediaman mereka di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur dan di Desa Mogoyunggung Kecamatan Dumoga Barat.

Tampak hadir pula, Kapolres Bolmong AKBP Nova Surentu, Dandim 1303 Bolmong diwakili oleh  Mayor Ahmad Djamis, Waka Polres Kotamobagu Kompol Afrizal R.Nugraha SIK, Kepala Kemenag Bolmong  Sabri M.Bora Sag, Danposal Labuan Uki Lettu Agus Taryono, Kakan Imigrasi Kelas II Kotamobagu diwakili oleh Husnan Handano, Komisioner KPU dan Bawaslu Bolmong, Pimpinan Cabang Bank SulutGo Lolak, pimpinan PT JRBM, BUMN dan BUMD se Kabupaten Bolmong serta tokoh adat, tokoh masyarakat. (Advertorial/KPC)

(Advertorial/KPC)