Wabup Bolmong Yanny Tuuk Hadiri Launching CSIRT di Manado

Bolmong183 Dilihat

KOTAMOBAGUPOST, BOLMONG – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk menghadiri Launching Computer Security insident Respond Team (CSIRT) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Four Point Manado (20/04/2022)

Menurut Kepala Badan Siber dan Sandi  Negara, Letjen Hinca Siburian mengatakan, CSIRT atau Computer Security Incident Response Team merupakan merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau laporan dan aktivitas keamanan siber.

“Tim ini bertugas untuk melindungi data dan sistem dari insiden keamanan siber yang terjadi. Tim ini nantinya akan bertindak sesuai dengan prosedur dan kebijakan untuk merespon dengan cepat dan efektif terhadap insiden keamanan dan untuk mengurangi risiko serangan siber,” kata Siburian.

Wakil Gubernur Sulut,  Steven Kandouw, dalam sambutannya mengatakan lounching ini adalah awal dari tugas pengamanan siber di lingkup wilayah Provinsi Sulawesi utara, apalagi perkembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) saat ini cukup pesat berkembang.

Saat ini Prov sulut telah menggunkan banyak sistem aplikasi . Maka dari itu sangat perlu organisasi SULUTPROV-CSIRT  segera dibentuk untuk menangani serangan siber yang terjadi. (*)