oleh

Ruaar Biasa! Suport Pekerja Migran, DPRD Boltim Kunker di Kantor BP2MI Manado

KOTAMOBAGU POST – Rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan kunjungan kerja di Kantor UPT BP2MI Manado.

Kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Boltim, Fuad Landjar tak lain terkati dukungan politik para wakil rakyat untuk mendukung kebijakan pemerintah dibidang penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kunker digelar pada Kamis, (10/03/2021)  diterima langsung oleh Kepala Kantor UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag.

Dalam penyampaiannya Hendra Makalalag menyampaikan rasa apresiasinya kepada rombongan Anggota DPRD Boltim yang datang memberikan dukungan dan support atas program pemerintah dibidang PMI.

Hendra juga menjelaskan perihal UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia terutama pasal 41 tentang tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota.

“Dalam pasal 41 UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan PMI dijelaskan dengan terperinci mengenai tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota diantaranya memberikan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia sebelum bekerja dan setelah bekerja di daerah kabupaten/kota yang menjadi tugas dan kewenangannya serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja kepada Calon Pekerja Migran Indonesia. Untuk itu BP2MI selalu mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan amanat UU ini agar putra daerah yang berminat untuk bekerja ke luar negeri bisa mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pemerintah daerah asalnya” jelas Hendra.

Hendra juga menambahkan bahwa sampai dengan saat ini di provinsi Sulawesi Utara sudah ada 10 pemerintah daerah kabupaten/kota yang menandatangani nota kesepahaman dengan BP2MI terkait penempatan dan pelindungan PMI.

“Saya sangat bersyukur di Sulut sudah ada 10 Pemda Kab/Kota yang sudah tanda tangan MoU dengan BP2MI. Ini artinya ke-10 Pemda ini sudah menunjukkan komitmennya untuk melaksanakan amanat UU Nomor 18 Tahun 2017. Pihak kami juga sedang menjajaki kerjasama dengan Pemda Kab/Kota di Provinsi Gorontalo dan sudah ada kabar baik yang kami terima” kata Hendra.

“Untuk itu melalui kesempatan ini, kami ingin memohon dukungan dari bapak dan ibu selaku wakil rakyat di DPRD Boltim untuk dapat melaksanakan apa yang diamanatkan oleh UU demi kesejahteraan rakyat Boltim” tukas Hendra.

Hendra juga menyebutkan bahwa saat ini peluang kerja ke luar negeri sedang terbuka lebar dan sebaiknya dimanfaatkan oleh putra daerah Boltim.

“Saat ini Jepang dan Jerman sedang banyak membutuhkan tenaga kerja khususnya di bidang kesehatan untuk ditempatkan sebagai tenaga perawat dan perawat lansia karena di negara mereka sedang terjadi kekurangan tenaga kerja di bidang ini. Dan juga ada beberapa peluang kerja di negara-negara Asia, Eropa dan Timur Tengah yang bisa diduduki oleh warga Boltim. Untuk itu pelaksanaan amanat UU Nomor 18 tahun 2017 dapat membantu Pemda Kab/Kota untuk mengurangi tingkat pengangguran di daerah masing-masing dan meningkatkan taraf ekonomi warganya melalui remitansi yang dikirimkan oleh pekerja yang bekerja di luar negeri” jelas Hendra.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Bolaang Mongondow Timur Fuad Landjar menyampaikan apresiasinya atas sambutan dari UPT BP2MI Manado dan menyampaikan bahwa pihaknya akan mendorong Pemda Boltim untuk segera menandatangani perjanjian kerjasama dengan BP2MI.

“Melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada BP2MI karena sudah memperhatikan nasib pekerja asal Boltim dan juga ingin menyampaikan bahwa kami sangat berbangga dengan BP2MI karena saat ini pimpinan tertingginya merupakan salah satu putra terbaik BMR sehingga memudahkan kami untuk berkoordinasi terkait ketenagakerjaan ke luar negeri. Dan melalui kesempatan ini juga saya sampaikan bahwa kami mendukung penuh pelaksanaan amanat UU Nomor 18 tahun 2017 untuk diterapkan di Boltim. Jadi kami akan memberikan dorongan politis dan kebijakan politik anggaran kepada Pemda Boltim untuk mempercepat penandatanganan MoU dengan BP2MI’ tutup Fuad. (audie kerap)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed