oleh

Dua Siswi SMP 1 Nuangan, Pentaskan Cerita Mogama Diacara Simak Budaya Torang Tingkat Sulut

KOTAMOBAGUPOST – Regihan Modeong dan Sakina Akasi adalah pasangan peserta Lomba Bercerita Bahasa Daerah tingkat Provinsi utusan dari SMP Negeri 1 Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dalam acara Simak Budaya Torang yang digelar Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Grand Luley Tongkaina-Manado, Kamis 10 maret 2022.

Regihan dan Sakina dilatih oleh Agung Kadengkang, Guru di SMP Negeri 1 Nuangan. Putra-Putri asal Boltim ini turut didampingi Kepala Sekolah, Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boltim. Dalam lomba yang menggunakan bahasa daerah dari masing-masing peserta ini, Regihan dan Sakina membawakan cerita tentang tradisi Mogama. Ini merupakan tradisi dalam perkawinan adat di Mongondow dimana salah satu persyaratan yang harus dilakukan pihak pengantin rpia adalah Mogama atau mengambil pengantin perempuan.
Agung Kadengkang, pelatih kedua pasangan peserta ini mengaku telah berusaha melatih keduanya dalam waktu yang relatif terbatas. Namun demikian mereka merasa cukup puas ketika Regihan dan Sakina berhasil mendapatkan Juara Harapan I.

“Ke depan kami akan terus melatih tak hanya Regihan dan Sakini, melainkan siswa-siswi di Boltim yang memiliki ketertarikan dan kepedulian terkait tradisi dan kebudayaan” kata Agung. Salah satu yang akan disempurnakan, lanjutnya, adalah soal kostum. “Kemarin memang mereka tampil seadanya, memakai seragam sekolah. Sebenarnya bisa dipoles lagi dengan menggunakan pakaian adat. Ini adalah PR kita ke depan” tutup Agung. (Uwin Mokodongan)