oleh

Dinas Kebudayaan Sulut Sukses Gelar Kegiatan “Simak Budaya Torang”

KOTAMOBAGU POST – Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, menggelar kegiatan Simak Budaya Torang tahun 2022.

“Ini adalah kegiatan Simak Budaya Torang yang kedua kalinya,” kata Jani H Lukas, S.Pi, M.Si, Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulut, turut didampingi Patricia Mawitjere, M.Si, Kabid Kesenian, Kamis 10 Maret 2022,

Dikatakan Patricia yang merupakan pula Ketua Panitia Pelaksana dalam perhelatan budaya tersebut, iya tak menduga kegiatan lomba yang digelar di hotel berbintang kemarin itu, akan diikuti banyak utusan dari daerah Kabupaten/Kota se-Sulut. “Saya pikir yang akan berpartisipasi dalam kegiatan simak budaya torang kali ini kemungkinan hanya seperti tahun kemarin. Ternyata bertambah,” katanya

Diakuinya jika para utusan yang datang akan membludak mengingat reservasi ke pihak hotel yang dibatasi karena masih ada penerapan PPKM terkait Covid-19. Beruntung, peserta kali ini bertambah yakni ada sekitaran 80-an peserta belum termasuk para pendampingnya yang terdiri dari para guru se-Kabupaten/Kota di Sulut, pihak anitia Pelaksana dan Grand Luley dapat mengantisipasi terjadinya kerumunan dengan membagi tempat lomba dan penjurian inddor dan outdoor.

“Pelaksanaan lomba bagi peserta kami pisah jadi dua bagian, yang di dalam gedung dan di luar gedung bertempat di taman yang asri dan sejuk,” kata Patricia.

Jani Lukas, S.Pi, M.Si, selaku Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulut menyampaikan apresiasinya terhadap Panitia Pelaksana dan para peserta termasuk para guru pendamping yang turut berpartisipasi dalam perhelatan Simak Budaya Torang kali ini. Kepada para peserta juga Lukas berpesan agar jangan hent-hentinya berlatih terutama memajukan kebudayaan di masing-masing daerah sebagai bagian dari upaya menjaga, melestarikan, dan memperkaya kebudayaan di Sulut khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sejumlah juri yang disiapkan Panitia Pelaksana dalam acara ini terdiri dari para seniman, akademisi, dan budayawan yang memiliki kapasitas di bidang yang dilombakan yakni Drs. Alex John Ulaen, Dr JA.Rattu SS, Dr Santje Iroth, Dr. Mayske R Liando S,Pd, Uwin Mokodongan,SIP, Nico Sambowadile, S.Pd.

Para pemenang dalam Lomba Bercerita Bahasa Daerah yang diangkat dari tradisi lisan atau cerita rakyat dan legenda di masing-masing daerah adalah; Vanessa Gratis Laurentia Sindim (Juara I) dari SMPN 4 Kota Tomohon, Jemmy Sangian (Juara II) SMPN 2 Kauditan, Keyleen Kilawang (Juara III) SD Kristen Eben Haezer Manado, Regihan Modeong dan Sakina Akasi (Juara Harapan I) SMPN 1 Nuangan Bolaang Mongondow Timur), Flowerin F.P.Tangen (Juara Harapan II) dari SMP Kristen Woloan. (uwin mokodongan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed