Seleksi Paskibraka Mulai Dibuka Akhir Januari 2022 

Kotamobagu425 Dilihat

KOTAMOBAGU POST – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kotamobagu mulai membuka seleksi pasukan pengibar bendera pusaka tahun 2022 pada media Januari ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotamobagu Anas Tungkagi, Rabu (12/01/2022), mengatakan tahapan seleksi dimulai dengan seleksi anggota Paskibraka Provinsi Sulut. Menyusul kemudian seleksi untuk tingkat Kota Kotamobagu.

“Kita tinggal menunggu surat dari provinsi. Jika sudah ada maka seleksi akan segera dimulai, “Ada 4 orang terdiri atas 2 putra dan 2 putri berdasarkan peringkat tertinggi yang akan dikirim sebagai utusan Kota Kotamobagu,” katanya.

Menurut Anas memperkirakan pelaksanaan seleksi mulai bergulir pada akhir Januari atau awal Februari sementara untuk rekrutmen di tingkat provinsi, mereka akan diseleksi kembali.

Dikatakan selain mengikuti seleksi tingkat provinsi, utusan ini juga mengikuti seleksi untuk tingkat nasional. Bagi yang tidak lolos ke tingkat nasional atau provinsi akan dikembalikan ke kabupaten/kota.

Lebih lanjut urainya, mereka yang tidak lolos ditingkat nasional bahkan provinsi akan menjadi prioritas untuk tingkat Kotamobagu.

Anas minta agar sekolah menyiapkan kandidat calon anggota Paskibraka yang akan diikutkan dalam seleksi nanti. Anas mengatakan, setiap sekolah diminta menyediakan 2 pasang kandidat.

Syarat bagi calon Paskibraka yaitu tinggi badan pria 170-180 cm, sedang putri 165-175 cm. Selain itu, memiliki postur tubuh yang tidak gemuk dan tidak kurus.

Untuk tahap awal, Dispora telah menyiapkan tahapan dan jadwal pelaksanaan seleksi. Dia minta agar siswa yang akan mengikuti seleksi benar-benar telah menyiapkan diri baik fisik, mental dan pengetahuan terutama wawasan kebangsaan. (ridwan)