Walikota Kotamobagu Lantik 191 Pejabat Fungsional 

Kotamobagu949 Dilihat

KOTAMOBAGU POST – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah penyetaraan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional di lingkungan Pemkot Kotamobagu, bertempat di aula Kantor Setda Kota Kotamobagu, Jumat, (31/12/2021).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Ir Tatong Bara dan turut dihadiri Sekda, para Asisten serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Walikota Tatong Bara disela sambutannya menyampaikan pelantikan dan pengambilan sumpah bagi pejabat di Pemkot pada hari ini, serentak dilaksanakan seluruh Indonesia.

“Batasnya hari ini karena perubahan jabatan struktural ke fungsional. Kami menunggu tadi malam sampai jam 1 karena beberapa daerah di Sulut ada beberapa yg belum turun. Kotamobagu sendiri baru turun pagi tadi jam delapan, oleh sebab itu seluruh Indonesia batasnya hari ini karena implementatifnya mulai  tanggal 1 Januari 2022.

Dikatakan secara personal posisi yang sebelumnya tidak berubah, yang berubah itu jabatannya. mulai dari Auditor, Penilai, Peneliti, Paramedik, Inspektur mutu, Asesor, Pustakawan, Agen intelijen dan lain sebagainya.

Dengan adanya jabatan fungsional ini kata Tatong, tentu diperlukan satu keahlian secara personal. Artinya Perubahan lebih rinci lagi dari struktural ke fungsional. Oleh sebab itu mengacu pada kredit poin. Untuk itu Setiap personal dituntut mutu dan kualitas. Kenaikannya pun dari sisi apresiasi pemerintah akan lebih cepat fungsional dibanding struktural namun setiap personal dituntut harus memiliki mutu kerja yg spesifik karena tuntutan kerjanya lebih besar, namun lebih menjanjikan.

Diketahui pelantikan Pejabat Fungsional ini kata Tatong,  berdasarkan Peraturan Menpan-RB Nomor 17 Tahun 2021, tentang penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional serta tindak lanjut Mendagri Nomor 800/8767/Otda,  tentang persetujuan penyetaraan jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara. (hendrawan/*)