oleh

BPPD Kota Kotamobagu Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Berbasis Masyarakat

KOTAMOBAGU POST – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu menggelar sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat, dalam rangka kesiapsiagaan terhadap bencana.

Langkah ini dilakukan BPBD Kotamobagu sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

Menurut Kepala BPBD Kotamobagu, Alfian Hasan kegiatan ini merupakan upaya edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada, sekaligus memberikan pelatihan cara menangani korban bencana.

 “Sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu dalam upaya mengurangi risiko bencana,” ujar Kepala BPBD Kota Kotamobagu Alfian Hasan, kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Dikatakan pentingnya kesiapsiagaan dalam praktek penyelamatan dari bencana. Seperti cara memberikan bantuan atau penanganan dasar saat terjadi bencana.

“Dengan materi praktek, maka warga bisa mendapat pengetahuan tindakan pada saat terjadi bencana. Selain itu para peserta undangan juga akan dibekali modul, ” katanya.

Alfian berharap, warga yang diundang nantinya akan menjadi corong di wilayahnya masing-masing agar perlu dilakukan berbagi peran dan tanggung jawab dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak remaja, maupun dewasa.

Diketahui peserta sosialisasi dan pelatihan ini diikuti oleh keterwakilan dari masyarakat di 17 desa dan kelurahan, utamanya warga yang tinggal di daerah rawan bencana. (wandy/kpc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

News Feed