oleh

25 Petani di Kota Kotamobagu Dapat Pelatihan Pengolahan Air Nira dan Turunannya

KOTAMOBAGU POST –  Guna memacu produktifitas Gula Aren,  Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, menggelar pelatihan Pengolahan Air Nira dan Turunannya diikuti oleh 25 petani gula aren.

Kegiatan digelar pada , Senin (22/11/2021) pagibertempat di rumah Sangadi Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur ini.

Kegiatan ini resmi dibuka Asisten Walikota Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sitti Rafiqah Bora, SE.

“Pemerintah daerah sangat merespon baik upaya peningkatan produk lokal daerah, termasuk pemberdayaan kelompok tani dalam pengembangan usaha gula aren dan turunannya. Ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekaligus peningkatan kesejahteraan para petani” kata Walikota Kotamobagu melalui sambutan tertulis dibacakan oleh Sitti Rafiqah Bora.

Senada hal itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, Drs. Imran Golonda, MAP mengatakan pentingnya pelatihan ini untuk para petani gula aren di Kotamobagu.

“Melalui pelatihan ini diharapkan agar produk air nira dan turunannya, seperti gula semut, gula pasta dan gula cair, hasil produksi petani dapat lebih berkualitas, higienis dan dengan kemasan lebih baik,” tutur Imran.

Kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai        22 hingga 24 November 2021 ini, diikuti 25 petani gula aren yang berasal  dari Desa Moyag Tampoan, Desa Moyag Induk dan Desa Moyag Todulan.

Sementara Pemateri di antaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kotamobagu Sitti Rafiqah Bora SE, anggota DPRD Kotamobagu Jusran D. Mokolanut, dan pemateri dari Balai Riset dan Standarisasi Industri Manado. (*/kpc)