Walikota Kotamobagu Resmikan UMKM-C dan PusdalBaper

Headline, Kotamobagu269 Dilihat

KOTAMOBAGU POST – Walikota Kotamobagu, Ir Hj.Tatong Bara, meresmikan inovasi Usaha Mikro Kecil Menegah Center (UMKM-C) Center dan Pusat Pengendalian Barang Persediaan (PusdalBaper).

Peresmian bertempat di aula rumah dinas Walikota, Rabu (01/09/2021), Ddihadiri oleh Ketua DPRD Kota Kotaombagu, Meiddy Makalalag, Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, dan Sekretaris Daerah Sande Dodo.

Tampak hadir juga pimpinan perbankan dari Bank Citra Dumoga, Bank SulutGo cabang Kotamobagu, Bank Mandiri Taspen Manado, Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Kotamobagu, dan Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Kotamobagu.

Dalam sambutanya, Walikota Kotamobagu berharap UMKM Center dapat memajukan semua UMKM yang ada di Kota Kotamobagu.

 “Diharapkan UMKM Center ini dapat mengorganisir seluruh UMKM, serta dapat mengukur tingkat pertumbuhan atau tingkat kemajuan UMKM yang ada di Kotamobagu. Terlebih bisa terakses pada pendanaan yang baik. UMKM Center ini dimaksud untuk bisa mengontrol dan menghimpun secara baik, memfasilitasi mana UMKM yang maju dan belum maju untuk kemudian kita dukung bersama,” kata Tatong Bara

Dikatakan, pada tahun 2019, terdapat 3.700 UMKM yang telah diberikan izin gratis oleh pemerintah daerah.

 “Semoga ini menjadi informasi baik terutama kepada perbankan untuk bisa memberikan akses kepada UMKM di Kotamobagu. Semoga melalui ini, tidak ada lagi UMKM yang tidak maju di Kotamobagu, terutama tidak mendapatkan kepercayaan dari perbankan untuk memperoleh pendanaan,” katanya.

Selain UMKM, wali kota juga berharap pada inovasi PusdalBaper agar menjadi satu pusat pengendalian barang persedian yang maju dan transparan.

“Diharapkan catatan dalam pengendalian barang persediaan kita akan terpusat pada satu pengendalian barang degan baik, transparan, dan terukur. Saya juga berharap ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan kita di pemerintahan Kotamobagu,” harap Walikota.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung UMKM Center Kota Kotamobagu 2021 dan lembaga dukungan proyek perubahan PusdalBaper.

Diketahui Inovasi UMKM Center digagas oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Rafika Bora, serta inovasi PusdalBaper digagas oleh Kaban Keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu, Sugiarto Yunus.  (Anggi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.