Handra Makalalag : “Tersedia Lowongan Kerja di Jepang, Italia, Polandia, Arab Saudi dan Hongaria”

KOTAMOBAGU POST – Kepala UPT BP2MI  Manado, Hendra Makalalag, mengajak putra-putri di Sulawesi Utara untuk memanfaatkan terbukanya lowongan kerja di luar negeri.

“Saat ini peluang kerja sektor formal di beberapa negara sedang terbuka lebar, antara lain lowongan pekerjaan sebagai perawat lansia ke Jepang, lowongan sebagai operator produksi di Polandia, lowongan sebagai pelayan restoran di Arab Saudi, sebagai mekanik di Australia, lowongan sebagai chef di Italia dan Hungaria, dan beberapa lowongan melalui program penempatan pemerintah” ungkap Hendra Makalalag.

Dikatakan, Peluang kerja ini sepatutnya dimanfaatkan karena dapat membantu pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Sulawesi Utara. Kota Manado.

Terkait dengan kualitas pekerja migran dikatakan para pekerja yang akan disalurkan pada jabatan-jabatan yang ada, tentu harus mengikuti pendidikan dan pelatihan agar mereka siap untuk ditempatkan sesuai dengan kualifikasi jabatan sesuai permintaan.

Menurut Hendra, untuk mempersiapkan calon pekerja untuk bekerja ke luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun saat ini di Sulawesi Utara khususnya kota Manado sudah ada beberapa lembaga yang bisa memfasilitasi pendidikan dan pelatihan baik bahasa dan skill untuk bekerja ke luar negeri. Namun pelatihan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Tentu kami dari BP2MI berharap seluruh Disnaker Kab/Kota di Sulawesi Utara agar bisa memfasilitasi pelatihan dan pendidikan bagi calon pekerja sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU nomor 18 tahun 2017” ajak Hendra. (***/kpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.