Dinas PUPR Bolmut Sosialisasi Program DAK SLBM 2021 di Desa Biontong II

Bolmut183 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten (PUPR) Bolmong Utara melakukan sosialisasi program DAK Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) Tahun Anggaran 2021 di Desa Biontong II, Kecamatan Bolangitang Timur, bertempat di Balai Desa Biontong II, Kamis (15/04/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Dinas PUPR Bolmut selaku OPD teknis pelaksana program, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Jajaran Pemerintah Desa Biontong II, dan segenap masyarakat calon penerima manfaat Program DAK SLBM Tahun Anggaran 2021.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bolmong Utara Rudini Masuara, ST, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Hendra Brahim, ST, mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah Desa dan masyarakat calon penerima manfaat program, serta sebagai bentuk penyebaran informasi awal tentang proses dan tahapan pelaksanaan program Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) Tahun Anggaran 2021.

“Desa Biontong II ini merupakan salah satu penerima Program DAK SLBM Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Bolmong Utara dengan besaran anggaran senilai Rp. 462.000.000, yang bersumber dari DAK Penugasan Tahun 2021”. Ungkapnya.

Dirinya mengharapkan agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif mulai dari proses persiapan, tahap perncanaan, tahap pelaksanaan konstruksi, hingga pada tahap operasi dan pemeliharaan.

“Adapun anggaran Program DAK SLBM tahun 2021 ini yaitu untuk Pembangunan Tangki Septik Komunal (5 – 10 KK), sebagai sarana penyediaan sistem pengolahan air limbah secara komunal di pemukiman masyarakat yang Semua pekerjaannya mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, serta operasi pemeliharaannya, dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dipilih melalui musyawarah Desa, dengan didampingi oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL)”. Ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sangadi Biontong II Cornelius Taidi mengucapkan terima kasih kepada Pemda Bolmut dalam hal ini Dinas PUPR Bolmut yang telah memilih Desa Biontong II sebagai salah satu penerima manfaat program DAK SLBM Tahun Anggaran 2021. (Fahrudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.