Sekda Bolmut Buka Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2022 Dan Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023

Bolmut188 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT- Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Utara (bOLMUT) Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023 secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang bertempat di Ruang Rapat Sekda Bolmut. Rabu (03/03/2021).

Dalam sambutan Bupati Bolmut yang dibacakan oleh Sekda Bolmut mengatakan bahwa pelaksanaan Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan Perubahan RPJMD Kabupaten Tahun 2018-2023 ini merupakan rangkaian dari penyusunan dokumen perencenaan daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di Kabupaten Bolmong Utara.

“Untuk itu partisipasi masyarakat khususnya dalam perencanaan merupakan hal yang sangat penting. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam pengambilan keputusan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan pembangunan daerah”. Ungkapnya.

Selanjutnya Sekda Bolmut mengatakan tahapan konsultasi publik ini merupakan upaya penjaringan saran/masukan dari instansi atau lembaga terkait maupun kelompok atau organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, serta tokoh masyarakat untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2022 dan perubahan RPJMD tahun 2018-2023.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa ada beberapa isu yang masih menjadi domain dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Bolmong Utara, seperti angka kemiskinan dan gini ratio yang masih tinggi, SDM masyarakat yang mempunyai daya saing, serta kualitas daya saing produk-produk lokal”. Jelasnya.

Dalam rangka peningkatan kinerja program pembangunan, Sekda Bolmut mengatakan perlu adanya komitmen yang kuat dari berbagai stackholder.

“Melalui kesempatan ini saya berharap kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui forum konsultasi publik ini kita dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat (BOTTOM UP) yang akan dipaduserasikan dengan kebijakan dan program pambangunan pemerintah (TOP DOWN), dan analisis para teknokrat diberbagai bidang pembangunan, serta yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar program pembangunan yang diharapkan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan ditahun 2022”. Ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, melalui forum konsultasi publik ini juga diharapkan dapat di inventarisir dan merumuskan permasalahan-permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif pemecahannya yang wujud kongkritnya berupa program/kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak di tahun 2022, serta program/kegiatan strategis yang dapat memberdayakan, membangkitan partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Prioritas-Prioritas pembangunan tersebut diatas, hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program/kegiatan tahun 2022 yang selanjutnya akan menjadi bahan dalam penyusunaan dokumen RKPD, KUA-PPAS, dan rancangan APBD tahun anggaran 2022. Semoga upaya yang sedang dan akan kita kerjakan dalam rangka meningkatakan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong Utara ini dapat terwujud”. Pungkasnya.

Turut Hadir Pimpinan OPD Kabupaten Bolmong Utara, Perwakilan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Kepemudaan, Keagamaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, serta Insan Pers. (Fahrudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.