Bupati Depri Pontoh Canangkan Vaksinasi Covid-19 di Bolmut

Bolmut161 Dilihat
KOTAMOBAGU POST, BOLMUT- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh mencangkan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di RSUD Bolmut. Senin (01/02/2021).
Dalam sambutannya, Bupati Bolmut menyampaikan program Vaksinasi Covid-19 adalah upaya pemerintah untuk melindungi keselamatan warga negara yang merupakan kewajiban negara sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945.
“Ini adalah ikhtiar dari pemerintah sebagai wujud kecintaan pemerintah tethadap warganya, dan kecintaan pemerintah terhadap bangsanya”. Ujar Bupati Depri Pontoh.
Dirinya juga mengatakan bahwa Vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan telah berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2021 yang menyatakan bahwa Vaksin Covid-19 produksi Sinovac ini hukumnya suci dan halal. Serta telah mendapat izin penggunaan dari BPOM setelah melewati beberapa uji klinis.
“Saya selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bolmut menjamin Vaksin Covid-19 produksi Sinovac ini aman untuk kita sekalian, dan terjamin kehalalannya untuk digunakan oleh umat Islam”.  Ungkapnya.
Dalam pemberian Vaksin Covid-19, Bupati Bolmut mengatakan sudah berdasarkan pada kriteria-kriteria yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan melalui tahapan skrining.
“Untuk saya pribadi, sangat disayangkan karena termasuk dalam kriteria tidak bisa diberikan Vaksin Covid-19 sebab pernah terkonfirmasi positif Covid-19”. Ujarnya.
Bupati dua periode itu juga menambahkan bahwa Vaksinasi tahap satu ini sasarannya adalah jajaran Forkopimda, pejabat daerah, tenaga kesehatan, dan beberapa pimpinan organisasi profesi sebagai garda terdepan guna memberikan kepercayaan dan menumbuhkan rasa aman bagi masyarakat terhadap pemberian vaksin Covid-19.
“Saat ini Kabupaten Bolmong Utara mendapat jatah Vaksin Covid-19 sebanyak 1900 dosis dari pemerintah Provinsi Sulut, dengan prioritas sasaran pada tahap pertama ini adalah seluruh tenaga kesehatan yang berjumlah 949 orang, masing-masing diberikan 2 dosis”. Terang Bupati Bolmut.
Diakhir sambutannya, ia mengajak bersama-sama saling membantu, saling mendukung, bersama dengan pemerintah untuk mensukseskan program Vaksinasi Covid-19 agar kita semua mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity), dan bangsa kita bisa segera pulih untuk membangun dan menciptakan kesejahteraan masyarakat.
“Disamping itu, selalu tingkatkan kedisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 3M yakni Memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan guna memutus laju penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Bolmong Utara”. Pungkasnya.
Turut Hadir Unsur Forkopimda, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, Sekda Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, para Asisten Sekda, dan Kepala SKPD. (Fahrudin)