Pemkot Kotamobagu Mulai Persiapkan Pasar Genggulang

Kotamobagu247 Dilihat
Pasar Genggulang Kotamobagu

KOTAMOBAGU POST – Setelah sekian lama tidak ada aktifitas, Pasar tradisional Genggulang akhirnya akan segera beroperasi.

Dikabarkan pasar yang berada di Kecamatan Kotamobagu Utara Kotamobagu itu, akan di operasikan pada Februari 2021 ini.

“Kita mulai pemindahan para pedagang dulu yang ada di Pasar Serasi ke Pasar Genggulang, targetnya januari hingga bulan Februari. Setelah semua pedagang sudah direlokasi, pasar sudah dapat beroperasi. Nanti di bulan Maret kita lakukan evaluasi,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kotamobagu Herman J Aray, Kamis (14/01/2021)

Herman mengakui persiapan beroperasinya pasar Genggulang cukup memakan waktu, mulai dari mempersiapkan akses jalan masuk pasar sampai pemasangan lampu penerang dan taman.

“Awalnya yang kita siapkan adalah akses jalan masuk. Dimana, di tahun 2018 kita melakukan pengadaan akses jalan dengan melakukan pembebasan lahan dan ganti rugi lahan milik warga yang akan dijadikan jalan masuk. Di tahun 2019 jalan selebar 24 meter untuk akses masuk ke pasar kita bangun, lengkap dengan taman dan juga lampu penerang jalan di bagian tengah,” ungkap Aray.

Aray juga mengakui kalau pihaknya sudah akan mengoperasikan pasar tersebut pada tahun 2020 lalu. Namun, adanya pandemi covid-19akhirnya harus tertunda.

“Saat itu terjadi pandemi. Selain itu juga pedagang ikan memberikan masukan terkait dengan keberadaan Instalasi Pembuangan Air Limbah (Ipal) di pasar tersebut. Makanya di tahun 2020, kita fokus untuk penyelesaian Ipal tersebut dahulu. Dimana, Ipal itu selesai dibangun di akhir tahun 2020 lalu, yg dialokasikan melalui APBD Perubahan,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini Pasar Genggulang telah siap ditempati.

“Sejumlah rencana untuk pengoperasian pasar itu di awal tahun ini sudah kita siapkan. Namun tentu ini juga butuh kerja sama dengan instansi lain seperti Dinas Perhubungan juga Dinas Satpol-PP. Untuk itu, kita sementara lakukan kordinasi. Pastinya, dalam waktu dekat target kita pasar tersebut sudah akan diaktifkan,” pungkasnya. (samsu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.