oleh

Kacang Goyang Cap Burung Maleo Kuliner Ole-ole Asal Kota Kotamobagu

Kacang Goyang Cap Maleo produksi UD Totabuan Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU POST – Produksi Kacang Goyang dengan merek dagang Cap Burung, hingga saat ini menjadi kuliner ole-ole Daerah Kota Kotamobagu.

Kacang Goyang yang diproduksi oleh UD Totabuan beralamat di Kelurahan Motoboi Kecil, Kec.Kotamobagu Barat sudah berdiri sejak 1983.

“Bahkan kualitas rasa terus kami pertahankan sejak dulu hingga sekarang ini. Untuk membuat kacang goyang memang perlu kesabaran karena prosesnya lama dan berjam-jam,” kata pemilik UD Totabuan, Treistien Hapulu,

Proses pembuatannya juga kata Treistien, terlebih dahulu yang dilakukan adalah pemilihan kacang yang berkualitas dan berukuran 8 milimeter.

“Nah kacang-kacang tersebut kita sangrai selama 1 jam dan untuk pemanasan api harus diatur juga. Setelahnya kita lepas kulit dan kacangnya sehingga kita bisa memilih yang masih utuh dan sudah pecah, dan kemudian kita masukan pada proses penggoyangan hingg akan memakan waktu berjam-jam,” tambahnya.

Setelah digoyang maka kacang tersebut akan membentuk seperti karang dengan adonan yang sudah menempel di kacang.

Dikakatakan, setiap harinya mampu memproduksi Kacang Goyang sebanyak 74 Kilogram, dengan kemasan 1 kilogram dengan harga 58 ribu rupiah dan setengah kilogram 29 ribu rupiah dan seperempat kilogram dengan harga 14.500 ribu rupiah dengan masa kadaluarsa 6 bulan lamanya. (nx/rid/kpc)