Semua Pemdes di Bolmut Diingatkan Rencana Pembangunan Lebih Banyak Peningkatan SDM

Bolmut312 Dilihat

KOTAMOBAGU POST, BOLMUT – Asisten II Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Jacomina Mamuaja, S.Pd mengingatkan pemerintah desa dalam menyusun rencana pembangunan Desa yang dibahas dalam MUSREMBANG (Musyawarah Rencana Pembangunan), jangan hanya terfokus pada pembangunan fisik saja.

“Memang tidak salah sih, akan tetapi saya rasa itu keliru kalau pihak Pemerintah Desa hanya lebih memprioritaskan pembangunan fisik tanpa memperhatikan pembangunan non fisik, seperti peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) pada bidang ketenagakerjaan”. Tandas Asisten II Bolmut kepada Kotamobagupost.com, Selasa (08/09/2020).
Ia mengatakan hasil pengamatan di setiap MUSREMBANG Desa, program tentang peningkatan SDM pada bidang ketenagakerjaan masih kurang direkomendasikan ke pihak Pemda Bolmut.
” Padahal itu lebih penting mengingat masih banyak masyarakat disetiap Desa yang susah mendapatkan pekerjaan dikarenakan kurangnya keterampilan, kurangnya lapangan pekerjaan, dan sebagainya,” Terangnya.
Diakuinya, saat ini banyak pekerja dari luar Bolmut yang digunakan oleh perusahaan dibandingkan dengan pekerja lokal dikarenakan kurangnya keterampilan dan tidak adanya sertifikat yang bisa meyakinkan pihak perusahaan untuk mempekerjakannya seperti operator excavator.
“Kalau ada rekomendasi dari hasil MUSREMBANG Desa terkait peningkatan SDM, Kami Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara siap menganggarkan dan memfasilitasi dalam hal pelatihan agar supaya masyarakat mudah dalam mencari pekerjaan”. Ujarnya
Jacomina berharap kedepan pemerintah Desa lebih proaktif dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dari segi ketenagakerjaan.  (Fahrudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.