Peringati Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020, Kwartir Cabang Wajo Gelar Apel Pramuka di Rudis Gubernur Sulsel

Nasional409 Dilihat
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo Provinsi Sulawesi Selatan saat menggelar Apel Besa Pramuka secara virtual dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke 59 bertempat di rumah dinas Gubenur Sulsel (foto : istimewa)

KOTAMOBAGU POST, WAJO,SULSEL – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo menggelar Kegiatan Apel Besar Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020 Tingkat Daerah Sulawesi Selatan (Selasa, 18/08/2020).

Pelaksanaan Apel Besar Pramuka dalam rangka Peringatan Hari Pramuka tersebut terasa berbeda dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Biasanya Apel Besar Hari Pramuka dilaksanakan dengan jumlah peserta yang banyak, tapi untuk tahun ini karena situasi wabah pandemi Covid-19, upacara Hari Pramuka tahun 2020 yang berlangsung di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel, hanya dilaksanakan secara sederhana dan khidmat.

Ada dua metode yang digunakan pada kegiatan kali ini yakni melalui Luring/ off line dan juga daring/ virtual bersama dengan Bupati/Walikota se-Sulsel dan jajaran Pengurus Kwartir Cabang Se-Sulsel.

Sedangkan untuk Kwartir Cabang Wajo sendiri turut bergabung dalam Apel Besar tersebut melalui Aplikasi Zoom bertempat di Aula Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kab. Wajo bertempat di Jalan Rusa Kel. Bulu Pabbulu Kec. Tempe.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si Bupati Wajo dalam hal ini selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo.

Turut mendampingi beliau yakni Drs. H. Jasman Juanda.,M.Si selaku Ketua Kwartir Cabang, Edy Rakhman, S.Sos.,M.Si/Sekretaris Kwarcab, Para Wakil Ketua Kwartir Cabang, Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan (Pusdiklat), Andalan cabang serta Pelaksana Tugas Ketua Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang (DKC).

Kegiatan Apel Besar Pramuka Tingkat Daerah Sulawesi Selatan dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr sebagai Pembina Upacara yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan ini, Prof. Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa kegiatan pencegahan dan penanggulangan Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Pramuka pada dasarnya merupakan wujud eksistensi Gerakan Pramuka yang menjadi bagian penting dalam upaya pengamalan kode kehormatan Pramuka (Satya dan Darma) serta ikut serta dalam kegiatan bela negara.

Pada kesempatan ini, Pria yang juga menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan tersebut juga menganugerahkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Melati, Darma Bhakti, Panca Warsa, Karya Bakti, Bina Bakti kepada para Pelatih, Andalan, Pembina, serta peserta didik.

“Mari kita terus berkomitmen untuk terus meningkatkan dan mengembangkan organisasi Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Daerah Sulawesi Selatan melalui kegiatan yang menarik, menantang serta mengandung unsur pendidikan” Ungkap Ketua Mabida Sulawesi Selatan.

Dikatakan Tanda penghargaan yang diberikan oleh Gerakan Pramuka pada dasarnya merupakan salah satu bentuk terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian yang telah dilakukan. (**/KPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.