Objek Wisata Tracking Mangrove Binuanga Menawarkan Berjuta Keindahan

Bolmut715 Dilihat

KOTAMOBAGU POST BOLMUT – Bagi warga kabupaten Bolmut dan sekitarnya yang ingin melepas kepenatan, tempat yang satu ini mungkin bisa menjadi menjadi alternatif.

Namanya adalah Objek wisata tracking mangrove, bertempat di Desa Binuanga Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut).

Destinasi wisata ini menawarkan sejuta keindahan, baik pemandangan lautnya terutama saat matahari akan terbenam (Sunset) maupun tamanam hutan mangrove yang berjejer indah.

Kepala Desa Binuanga Sunarto Van Gobel saat ditemui wartawan Kotamobagu post, dilokasi objek wisata itu mengungkapkan tempat tersebut belum lama dibangun, dengan konsep yang menarik untuk tempat bersantai dan juga pemotretan.

“ Kosepnya kita buat sedemkian menarik, dilengkapi dermaga tracking mangrove, kemudian disediakan juga pondok-pondok untuk bersantai yang dibuat diatas laut, sangat cocok juga untuk dijadikan tempat berfoto,” Terang Kepala desa.

Dia menambahkan, objek wisata tracking mangrove ini merupakan inovasi dari Pemerintah Desa Binuanga yang bekerja sama dengan masyarakat setempat.

“ Objek wisata ini kita pemerintah desa bersama dengan masyarakat ciptakan sedniri, pembangunannya telah menghabisakn anggaran sebesar 462.000.000 yang bersumber dari dana Desa tahun 2020,” Terangnya .

Untuk pengelolaannya, kita diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binuanga.

Tempat wisata ini diresmikan langsung oleh Pemda Bolmut, pada 27 Juli 2020 lalu, dengan dilengkapi fasilitas berupa toilet dan tempat sampah.

Kedepan direncanakan akan menambah fasilitas berupa meeting room, pondok-pondok untuk bersantai, banana boat, dan untuk dermaga tracking mangrove akan kami tambah kurang lebih 300 Meter.

“ Bagi pengunjung yang datang dikenakan biaya retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 tentang tarif retribusi tempat rekreasi, pariwisata, dan olahraga,” Pungkasnya. (Fahrudin)