2100 Pohon Sayur Kacang Panjang, Akan Suplai Kebutuhan Warga Kotamobagu di Momen Idul Fitri

Kotamobagu607 Dilihat
2100 Pohon Kacang Panjang di Kecamatan Kotamobagu Timur akan dipanen pada momen perayaan Idul Fitri 1441 H (foto : KPC/April/2020)

KOTAMOBAGU POST – Memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur jenis Kacang Panjang, dilakoni oleh Om Rull, warga Kelurahan Tumobui, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Bahkan Om Rull ini sudah menanam sebanyak 2100 pohon Sayur Kacang Panjang, yang memang dia persiapkan untuk dilakukan panen bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kacang Panjang ini akan dipanen bertepatan pada saat persiapan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah,” kata Om Rull.

Dikatakan, jika dihitung jumlah bibit sebanyak 2100 pohon yang ditanam, maka dia telah menghabiskan anggaran mendekati angka Rp10 Juta.

“Termasuk pengolahan tanah, pembelian patok bambu, pembelian bibit unggul jenis Peleton Merah, serta menggaji tenaga harian,” kata Om Rull, dijumpai di pekarangan yang dijadikan kebun tanaman sayur.

Untuk panen kata Om Rull, dari penanaman kacang panjang sampai masa panen rentang waktu 55 hari sudah panen.

“Satu ikat kacang panjang biasanya kami jual eceran Rp2 ribu. Jadi kami akan panen setiap tiga hari. Bisa sampai 200 atau 300 ikat pertiga harinya,” ungkap Om Rull memprediksi hasil omsetnya nanti.

Dikatakan, dengan menanam kacang panjang maka penghasilannya lumayan akan mencapai 200 persen dari omset pengolahan yang dikeluarkan selama pengolahan kebun pemeliharaan sampai masa panennya. (audie kerap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.