4000 Ekor Ayam Petelur di Tumobui, Suplai Kebutuhan Protein Hewani Warga Kota Kotamobagu 

Sebanyak 4000 ekor Ayam Petelur di Kelurahan Tumobui mampu suplai kebutuhan protein hewani masyarakat Kotamobagu (foto : KPC/April/2020)

KOTAMOBAGU POST – Sebuah kandang Ayam Ras Petelur di Kelurahan Tumobui Kecamatan Kotamobagu Timur, rupanya mampu menghasilkan ribuan telur perharinya.

Ternyata kandang Milik Bapak Robby Tambuwun ini, sudah lebih dari 4 tahun memberikan sumbangi protein hewani bagi kebutuhan masyarakat Kotamobagu.

“Dalam sehari minimal lima ratus telur yang dihasilkan, bahkan kadang lebih,” kata Obby Tambuwun, didampingi karyawannya Ferry dan Melly Lopangka, warga Kelurahan Tumobui.

Dikatakan, saat ini ayam petelur yang produktif berjumlah 2000 ekor ayam, sedangkan 2000 ekor ayam yang sudah siap bertelur.

2000 ekor ayam itu menurut Ferry, adalah ayam petelur yang sudah dipelihara dengan system peremajaan sebagai pengganti 2000 ekor ayam yang sudah selama dua tahun lebih bertelur.

“Jadi ada dua ribu ekor ayam yang sudah siap bertelur dan 2000 ekor ayam lain sedang berproduksi, totalnya 4000 ekor ayam petelur yang ada dikandang ini,” tambah Ferry.

Dikatakan, hasil telur ayam yang mencapai ribuan telur perharinya itu, dipasarkan khusus di kawasan Kota Kotamobagu saja. (audie kerap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.