Kurun 3 Bulan Kemarau, Tak Pengaruhi Debit Mata Air di Perbukitan Upai 

Kotamobagu514 Dilihat
Tampak Tim Sumber Air Bersih di Perkebunan Upai yang menjadi potensi sumber daya alam saat dilakukan Survei Dinas PU PR saat turun langsung di lokasi air bersih sumber mata air di Perbukitan Upai (foto : dade putong)

KOTAMOBAGU POST – Meski sekira tiga bulan kemarau sempat menghantam kawasan Kota Kotamobagu, namun tidak mempengaruhi debit mata air di perbukitan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara.

Hal ini kemudian yang menjadi harapan umumnya masyarakat di Upai untuk memperoleh sumber air bersih yang akan mereka peroleh dan menjadi cadangan dikala sumur-sumur milik warga setempat mongering.

Menarikanya sesuai hasil survey Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR), terhadap mata air  Bambe’an di lokasi perkebunan Upai, ternyata debit air mata air bersumber dari bebatuan di perbukitan itu, tidak terengaruh oleh kemarau.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) PLP dan Air Minum Dinas PUPR Kotamobagu, Zanti Arfa Zanti, sudah dilakukan survey dan membenarkan, bahwa mata air Bambe’an Upai, debit airnya tak terpengaruh, meski kemarau.

“Kualitas cadangan mata air bambean aman, karena sudah teruji pasca kemarau yang terjadi beberapa tahun lalu, airnya tidak surut,”jelasnya.(tim kpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.