Tinggal Tunggu Perbub, Rp100 Miliar DD dan ADD Tahun 2019 Boltim Segera Direalisasi

Boltim699 Dilihat
Kabag Pemdes dan Kelembagaan DPMD Pemkab Boltim, Fitra Damopolii mengatakan Anggaran ADD dan DD Boltim Tahun 2019, segera dicairkan (foto : herry lasabuda)

KOTAMOBAGU POST, BOLTIM — Tak kurang dari Rp100 Miliar lebih, anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), diperuntukan bagi 80 Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun anggaran 2019, akan dicairkan pada akhir bulan Januari ini.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, melalui Kepala Bagian Pemdes dan Kelembagaan, Fitra Damopolii, bahwa pihaknya saat ini, tinggal menunggu Perbup tentang pengelolaan Dandes dan Perbup Pengelolaan ADD 2019.

“Jika perbupnya sudah ada, paling cepat akhir Januari dan paling lambat awal bulan Februari, proses pencairan tahap 1 siap dikucurkan,” terang Fitra, Selasa (22/01/2019), diruang kerjanya.

Dikatakannya, total anggaran untuk Dandes, sebesar Rp66 miliar lebih dan ADD hampir Rp40 miliar. Sementara kata Fitra, ada lima Desa yang mendapatkan Dandes diatas Rp1 milar.

“Lima Desa yang dimaksud, Desa Kotabunan Kecamatan Kotabunan, Desa Cikobelanga Kecamatan Nuangan, Desa Mokitompia, Desa Guaan, Desa Kokapoy Kecamatan Mooat. Sementara untuk 75 Desa lainnya dianggarkan sebesar Rp700 hingga Rp800 juta,” papar Fitra.

Fitra juga menjelaskan, rasio pembagian Dandes yakni 80 berbanding 20 persen, dengan  rincian, 80 persen dari total bantuan Dandes akan dibagi secara merata ke seluruh desa. Sementara 20 persen sisanya akan melalui pertimbangan 4 variabel desa.

4 Variabel yang dimaksud diantaranya, meliputi jumlah penduduk, luas wilayah desa, kondisi kemiskinan, dan letak geografis,” tutur Fitra. (herry lasabuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.