Masyarakat Boltim Diimbau Waspada Bencana

Terkini871 Dilihat
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Boltim, Elvis Horas Siagian,(foto : herry lasabuda/KPC)

KOTAMOBAGU POST,  BOLTIM — Tingginya eksentitas curah hujan disertai angin di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pihak Pemkab, melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), mengimbau kepada warga untuk senantiasa waspada.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BBPD) Boltim, Elvis Horas Siagian, Selasa (15/01/2019), mengatakan, tingginya aktivitas curah hujan disertai angin di wilayah ini, olehnya warga selalu waspada.

“Terutama warga yang tinggal di daerah lereng gunung, dan daerah aliran sungai, serta para pengendara kendaraan juga pejalan kaki, ketika melintasi daerah perbukitan, karena ancaman tanah longsor,” kata Elvis.

Dikatakannya, pihak BPBD Kabupaten Boltim, telah mememberi tahukan kepada seluruh camat, agar dapat menyampaikan imbauan waspada kepada warga terkait adanya cuaca ekstrim.

“Seiring situasi alam, cuaca ekstrim juga sering terjadi, maka diimbau kepada nelayan untuk waspada. Demikian juga warga yang tinggal di wilayah pesisir pantai,” ucapnya.

“Ada beberapa wilayah yang sering terjadi longsor dan banjir baik itu kiriman atau tidak, seperti tanah longsor sering terjadi diwilayah tanjung Kotabunan, sedagkan untuk wilayah Motongkad, Nuangan, Paret, sering terjadi banjir. Demikian banjir bandang sering terjadi diwilayah Modayag dan Moyongkota,” papar Elvis.(herry lasabuda)