oleh

Kacang Goyang, Slay Nenas, Kopi Kotamobagu Jadi Icon Ole-ole Asal Kotamobagu 

Nenas Kotamobagu yang kini telah produksi menjadi Selai Nenas kini bisa didapatkan di sejumlah Supermarket di Kotamobagu

KOTAMOBAGU POST – Trend produk makanan unggulan lokal sebuah daerah memang menjadi icon yang membawa dampak positif nama harumnya sebuah daerah, menjadi ole-ole bagi keluarga dan handai taulan juga menjadi bukti bahwa ole-oleh tersebut dibeli didaerah asal saat pesiar di daerah lain.

Kota Kotamobagu sejak dimekarkan 11 tahun silam dari Pemkab Bolmong, industry olahan tangan semisal Kacang Goyang, sudah mulai dikenal sebagai oleh-ole dari Kotamobagu.

Apalagi Kopi Kotamobagu. Produk unggulan yang dikenal Kopi Lesat ini, misalkan Kopi Kotamobagu atau merek Kopi Sakura dan Kopi Keluarga. Buah Kopi yang dioleh oleh pabrikan lokal di Kotamobagu ini, sudah terkenal dengan kelesatan kemurniaannya.

Bahkan, hingga 3 tahun terkahir ini, Selei Nenas yang adalah makanan penyedap yang dipasangkan dengan roti ini, rupanya sudah sejak lama terus dipertahankan produksinya oleh pelaku usaha di Kotamobagu.

Tak hanya Kacang Goyang dan Kopi Kotamobagu yang kini menghiasi etalase dihampir semua tempat penjualan di kawasan Manado, namun ternyata Selai Nenas yang dikemas higenis dan sederhana ini, rupanya sudah masuk di pasaran reatail dan beberapa swalayan di Kotamobagu.

Dibeberapa tempat Swalayan yang bisa kita dapat beli Selai Nenas yang lesat, higenis dengan harga terjangkau semisal di Dragon Swalayan, Abdi Karya Supermarket dan dijual di beberapa pertokoan di pusat Kotamobagu yang memajang kemasan Selai Nenas yang berasal dari petani Kotamobagu dan diproduksi oleh industry usaha kecil di Kotamobagu.

Sejumlah warga luar daerah Kota Kotamobagu yang datang bertandang di Kotamobagu mengakui, produk lokal Kota Kotamobagu yang selalu mereka beli untuk ole-oleh bagi keluarga dan handai tualan mereka di luar daerah, yakni Kopi Kotamobagu dan Kacang Goyang. Dan belakangan ini, Selai Nenas produk asli Kotamobagu sudah bisa dibeli dibeberapa swalayan yang dipajang. (tim kpc)