“Kotamobagu Bakal Jadi Sentra Produksi Ikan Patin Dengan 25 Cita Rasa Kelesatannya”

Kotamobagu688 Dilihat
Kotamobagu akan menjadi sentra produksi Ikan Patin yang dikenal memiliki 25 Cita Rasa terkenal kelesatannya di Indonesia (gambar : Lily T Erwin)

KOTAMOBAGU POST – Pihak Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu dipimpin Muljadi Soeratinojo terus melakukan budidaya bibit Ikan Patin yang memiliki 25 cita rasa, enak dan nikmat yang kini terkenal di se-entero Indonesia.

Menurut Soeratinjo, pembenihan bibit Ikan Patin terus dilakukan dan diprioritaskan untuk bantuan bagi kelompok pembudidaya ikan di Kota Kotamobagu.

“Sebanyak 44 ribu bibit ikan Patin kami berikan bantuan kepada 11 kelompok pembudidaya ikan. Tujuannya agar kolam-kolam ikan milik kelompok tak hanya memproduksi ikan nila yang menjadi cirri khas daerah kita, namun kedepannya mampu menyediakan kebutuhan daging ikan patin yang lesat,” kata Soeratinojo, diruang kerjanya, (24/08/2018).

Menurutnya, daging ikan patin saat ini sudah terkenal kelesatannya di Indonesia, bahkan menjadi sajian makanan di restoran ternama di Indonesia.

“Ikan Patin merupakan salah satu sumber protein hewani,  memiliki keunggulan gizi. Patin adalah jenis ikan masuk kelompok ikan  berkumis, (Siluriformes) Yang termasuk dalam (Genus Pangasius), (Famili Pangasiidae) yang juga sering disebut ikan Jambal,” terangnya.

Diharapakan katanya, dengan ketersediaan bantuan bibit ikan Patin sebanyak 44 ribu ekor bibit, maka seluruh kelompok pembudidaya ikan mampu memelihara dan terus memproduksi ikan patin.

“Yang terpenting adalah kebutuhan protein ikan untuk masyarakat Kota Kotamobagu bisa terpenuhi dan tidak lagi membeli daging ikan Patin dari luar daerah, tentu target kedepannya menjadikan kawasan Kotamobagu sebagai pusat ketersediaan konsumsi protein ikan patin,” tambahnya. (wwal/tim kpc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.