Pemkot Kotamobagu Dorong Pembenihan Bibit Kopi Ateng

Pemkot Kotamobagu mendorong agar tanaman kopi terus dikembangkan terumasuk dilakukan pembibitan benih Kopi Ateng

KOTAMOBAGU POST – Kota Kotamobagu sejak dahulu kala terkenal dengan Kopi, rupanya mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kota Kotamobagu.

Salah satu perhatian serius ini, yakni dengan melakukan pengembangan produksi ayang akan dipacu melalui produksi pembibitan benih Kopi jenis Kopi Ateng.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Penilitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), Sofyan Mokoginta, jenis Kopi Ateng sudah mendapatkan legitimasi dari Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perkebunan Republik Indonesia.

Upaya Pemerintah Kotamobagu katanya, yakni terus mendorong para petani Kopi yang berpusat di Perkebunan Desa Poyowa Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan untuk melakukan budidaya pembenihan Kopi Ateng.

“Sudah di legitimasi melalui Surat Keputusan dari Kementerian Perkebunan sejak tahun 2016 lalu. Sehingga penganggaran dalam untuk pengembangan termasuk pembenihan Kopi Ateng,” kata Sofyan kepada media ini, saat bersua baru-baru ini.

Dikatakan, anggaran melalui program yang masuk dalam program Pemerintah Kota Kotamobagu untuk pengembangan Kopi Ateng yakni difokuskan pada pengembangan dan pembibitan benih Kopi Ateng.

DIharapkan dengan program tersebut, Produksi Kopi asal Kota Kotamobagu untuk kedepannya akan terus meningkat dan dapat membawa nilai tambah ekonomi masyarakat termasuk mendorong pendapatan perkapita Kota Kotamobagu kedepannya. (infotorial diskominfo kk/tim kpc)