oleh

Wujudkan Smart City, Diskominfo Mulai Pasang Internet WiFi Desa/Kelurahan

Diskominfo Kotamobagu menargetkan masyarakat di desa dan kelurahan menikmati internet berbasis WiFi guna mewujudkan Kotamobagu Smart City (ilustrasi KPC)

KOTAMOBAGU POST – Niat kuat Pemerintah Kota Kotamobagu untuk menjadikan kawasan Kota Kotamobagu sebagai Kota Cerdas atau Smart City, terus digalakan.

Kali ini Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kotamobagu melalui program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menerapkan pemasangan fasilitas internet berbasis WiFi menjangkau seluruh desa dan kelurahan di Kota Kotamobagu.

Pemasangan internet dengan jaringan signal tanpa kabel itu, rupanya sudah mulai terpasang di sejumlah Kelurahan diakhir tahun ini.

Hal ini dibenarkan oleh Kadis Kominfo didampingi Kepala Bidang Informasi Fahri Damopolii, kepada wartawan Selasa (03/09/2017).

“Saat ini baru Empat Kelurahan yang kami pasang, diantaranya, Kelurahan Kotamobagu, Motoboi Kecil, Tumubui dan Bilalang, target perencanaannya sampai semua Desa Kelurahan bisa terpasang jaringan internet,” kata Fahri, dilansir.

Dikatakan, untuk pemasangan jaringan internet, pihak kelurahan harus membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), kemudian diberikan fasilitas komputer dan jaringan internet.

“Akhir tahun 2017 akan dipasang delapan titik, kemudian target kita tahun 2018 nanti akan ditambah sebanyak  15 titik internet berbasis WiFi di desa dan kelurahan,” papar mantan jurnalist itu.

Nah, untuk pemasangan jariangan internet pihak Diskominfo pada medio Oktober ini akan menyelesaikan pemasangan WiFi di empat titik.

Adapun tujuan dari pemasangan internet berbasis nirkabel itu, diharapakan akan membantu masyarakat desa dan kelurahan dapat mengakses informasi pembangunan dan meningkatkan pengetahuan sebagaimana visi dan misi Walikota Ir Tatong Bara, menjadikan Kotamobagu sebagai Smart City. (tim kpc/berbagai sumber)