oleh

Kepsek SMPN 1 Tekad Sukseskan Visi-Misi Walikota Kotamobagu Sektor Pendidikan

Sande Makalalag Kepsek SMPN 1 Kotamobagu

KOTAMOBAGUPOST.COM – Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kotamobagu (SMPN 1) Sande Makalalag SPd, MPd, terus mewujudkan anak didiknya agar unggul dan berkualitas guna mensuksesnkan Visi dan Misi Pemerintah Kotamobagu yang dinahkodai Walikota Ir Tatong Bara.

“Tujuannya sekolah harus selaras dengan visi dan misi Walikota Kotamobagu dalam mewujudkan anak didik yang berkualitas dalam mengenyam pendidikan dan mendorong sekolah berprestasi karena memiliki siswa-siswi yang unggul,” kata Kepsek SMPN 1 Kotamobagu saat diwawancarai Kotamobagu Post di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Dikatakan, Kepala sekolah dan guru yang berkualitas akan melahirkan peserta didik dan tentunya sekolah yang berperstasi, hal tersebut disampaikan Sande Makalalag SPd MPd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Kotamobagu.

Lebih lanjut, sande menjelaskan Salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan sekolah yang berperan dalam hal  bertanggung jawab adalah kepemimpinan  kepala sekolah, kepala sekolah harus mampu memprakarsai  pemikiran baru di dalam proses interaksi di lingkungan sekolah dengan melakukan perubahan atau penyesuaian dengan tuntutan perkembangan.

Kepala sekolah harus mampu dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan, dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa, dan pihak lain yang terkait untuk bekerja atau berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap.

Selain itu, kepala sekolah harus mampu mengambil keputusan yang bijaksana secara tepat waktu dan tepat sasaran, untuk mencapai visi dan misi sekolah.

Diakuinya, semua sekolah selalu berkeinginan menjadikan siswa – siswinya menjadi anak yang berprestasi, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta semua menginginkan putra – putrinya berpestasi dibidang akademik maupun non akademik.

Maka tidak heran untuk meraih prestasi tersebut setiap sekolah terus bekerja keras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa – siswinya. “Sekolah adalah landasan utama maju mundurnya sebuah daerah, sehingga sebagai Kepala Sekolah dan seluruh guru-guru mutlak memiliki tanggungjawab moral dan social untuk mensukseskan visi dan misi Pemerintah Kota Kotamobagu di sektor pendidikan,” terangnya.

Ditambahkanya lagi, karena kerja keras dari semua elemen yang berada disekolah dan di barengi dengan disiplin yang tinggi, SMP Negeri 1 mampu mengukir berbagai prestasi yang mengharumkan nama sekolah dan Kota Kotamobagu ditingkat Nasional.

Dalam triwulan pertama tahun 2017 ini SMP Negeri 1, sudah mengukir beberapa preatasi diantaranya, dibidang olagraga cabang karate berhasil meraih masing-masing 1 medali emas,perak dan perunggu dalam rangka piala SBY CUP (open turnanen), semntara di bidang akademik berhasil menempati peringkat 1 seleksi OSN mata pelajaran IPS tingkat Kotamobagu.

“Saya merasa senang dengan prestasi yang di raih siswa – siswi sekarang ini, dan ini bukan hanya hasil kerja kepala sekolah saja, tetapi merupakan hasil kerja keras semua elemen yang berada di sekolah,” terangnya.

Menurutnya, Mengukir  prestasi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, tidak hanya kepala sekolah, guru, dan siswa, lebih dari ini nama sekolah pun menjadi harum di tengah masyarakat. “Warga Sekolah patut berbangga, sebab sederet prestasi telah diraih para siswanya, ” terangnya.

Tekad yang kuat untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan memang tampak dari sosok Kepala sekolah SMP Negeri 1 dengan semangat itulah maka tidak heran sekolah yang dipimpinnya selalu menghasilkan anak didik yang berprestasi.(renal wahidji)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.