oleh

Investasi Modal Usaha di Kotamobagu Rp2,7 Triliun 

Tahlis Gallang SIP MSi, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu (dokumentasi foto Jumat 24/03/2017 : kotamobagupost.com)

KOTAMOBAGU POST – Visi Tahun 2017 sebagai Tahun Investasi, banyak berdampak pada dibukanya lapangan usaha yang mendongkrak capaian permodalan investasi usaha di Kotamobagu mencapai Rp2,7 Triliun.

Peran Walikota Ir Tatong Bara yang menabuh genderang visi Tahun 2017 sebagai Tahun Investasi yang kemudian digadang dengan kerja keras oleh Sekretaris Daerah Tahlis Galang SIP, MSi, rupanya telah mendorong segenap aparatur sipil Negara di kawasan Kotamobagu untuk bekerja optimal bagi pelayanan kemasyarakatan dibidang investasi.

Capaian investasi Rp2,7 Triliun atau Rp2700 Miliar merupakan permodalan milik seluruh usaha yang sedang aktif di Kota Kotamobagu sebagaimana modal usaha yang tertera dalam cakupun penerbitan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP).

Data dihimpun Kotamobagu Post  dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kota Kotamobagu, Rp2,7 Triliun modal investasi yang bergerak usaha di Kotamobagu itu, merupakan akumulasi modal milik 4000-an usaha perdagangan dan jasa di Kotamobagu yang kini dinahkodai oleh Walikota Ir Tatong Bara.

Walikota ketiga sejak Kotamobagu dimekarkan dari Kabupaten Bolmong Induk, sukses menahkodai dan memimpin jajaran birokrat ASN di daerah yang pada tahun 2017 berumur 10 tahun, untuk tiga langka maju dibidang geliat usaha perekonomian yang sehat.

“Dalam catatan kami, tahun 2017 ini sudah ada Rp2,7 Triliun modal usaha yang ditanamkan oleh pengusaha sebagai usaha yang aktif di Kotamobagu. Jumlah inevstasi ini disumbangkan oleh sekitar 4000-an usaha aktif,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kotamobagu.

Namun katanya, jika dihitung secara ril maka nilai investasi Rp2,7 Triliun itu bisa dua kali lipat. “Modal itu hanya kami hitung berdasarkan modal usaha dalam SIUP setiap pemilik usaha. Namun dari total jumlah usaha itu, belum termasuk kenaikan modal usaha dari dampak keuntungan yang mereka miliki,” terangnya.

Senada hal itu Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara didampingi Sekda Kotamobagu Tahlis Gallang SIP, MSi kepada Kotamobagu Post mengatakan, niat baik Ibu Walikota Ir Tatong Bara untuk berkomitmen menjadikan Kotamobagu sebagai Kota Investasi, adalah langkah positif yang bertujuan mensejahterakan masyarakat Kotamobagu.

“Dengan peningkatan modal investasi yang tercakup dalam modal usaha aktif di Kotamobagu yang setiap tahun terus naik, ini menandakan Kota Kotamobagu merupakan kawasan yang sedang tumbuh pesat perekonomiannya. Sebagaimana komitmen Ibu Walikota dibidang Invetasi, harus terus didukung penuh oleh seluruh ASN di Kotamobagu, salah satunya adalah pemberian ijin gratis kepada pemilik usaha yang baru dan pelayanan cepat dibidang perijinan,” terang Tahlis Gallang diruang kerjanya kepada Kotamobagu Post jumat (24/03/2017)   pekan lalu. (audie kerap)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.