Kenali Gejala Overdosis Kafein

 

Ilustrasi Kafein

 

KOTAMOBAGUPOST.COM – Meskipun jarang terjadi, overdosis kafein bisa menyebabkan masalah serius, terutama jika Anda memiliki kondisi gangguan jantung atau tekanan darah tinggi.

Anda sedang sibuk bekerja sambil menikmati kopi. Tak sadar, tangan Anda bergetar saat menyeka keringat dari wajah Anda. Ada apa? Apakah Anda terlalu banyak minum kopi?

“Biasanya, tambahan satu atau dua cangkir kopi sehari, tidak menyebabkan masalah kesehatan apapun,” kata Samantha Heller, R.D., ahli gizi klinis di NYU Langone Medical Center.

Namun, jantung berdebar-debar tak keruan dan tangan bergetar, adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Berita buruknya; hal itu akan berlangsung selama beberapa jam.

“Butuh waktu empat sampai enam jam untuk efek kafein menghilang dari sistem tubuh Anda,” kata Heller.

Ada berbagai faktor yang memengaruhi cara tubuh seseorang memetabolisme stimulan. Berat badan, genetika dan tingkat toleransi terhadap stimulan tersebut, akan menentukan reaksi yang akan timbul dan berapa lama reaksi itu berlangsung. Sayangnya, tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk memercepat proses itu, kata Heller.

Adam Splaver, M.D., seorang ahli jantung di South Florida, menyarankan Anda minum banyak air putih untuk mendorong kafein keluar bersama air seni. Olahraga juga dapat membantu, karena olahraga akan membakar kelebihan energi dan memercepat metabolisme Anda.

Jika Anda mulai merasakan panik setelah minum kopi, Heller merekomendasikan agar Anda mengambil napas dalam-dalam dan mengingatkan diri sendiri bahwa situasi ini bersifat kimiawi sementara, karena kafein adalah stimulan bagi sistem saraf pusat. Panik hanya akan membuat gejala bertambah buruk.

Ingin memastikan Anda tidak pernah mengalami keadaan yang menyebalkan itu lagi?

Jika Anda benar-benar tidak bisa hidup tanpa secangkir kafein, batasi asupan Anda hanya 400 miligram perhari, kata Heller.

Umumnya, kopi siap minum memiliki takaran sebanyak 80-200 mililiter persajian. “Ada banyak variasi tergantung pada jenis dan cara kopi itu diolah,” jelasnya.

Dua atau tiga cangkir kopi, biasanya Anda akan baik-baik saja. Minum empat cangkir, mungkin akan tetap aman jika Anda memiliki toleransi kafein yang tinggi. Jika lebih dari itu, berarti Anda mencari masalah, kecuali Anda memiliki tingkat toleransi kafein yang amat tinggi.

Perhatikan jika Anda mulai merasa mual, pusing dan seperti ingin pingsan, itu bisa menjadi tanda Anda overdosis kafein. Meskipun jarang terjadi, overdosis kafein bisa menyebabkan masalah serius, terutama jika Anda memiliki kondisi gangguan jantung atau tekanan darah tinggi.

“Overdosis dapat menyebabkan gangguan irama jantung, vasokonstriksi, serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi pada populasi tertentu,” kata Splaver.

Jika Anda berpikir Anda sudah benar-benar overdosis, segeralah hubungi dokter atau minta seseorang mengantar Anda ke rumah sakit. Lebih baik mencegah sebelum sesuatu yang benar- benar serius terjadi pada Anda. (lex)

Sumber: BBC Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.