Pemberitaan Media Barat Tentang Sidang Perdana Ahok

Headline, Nasional934 Dilihat
Capture gambar pemberitaan New York Times sidang perdana kasus Ahok

 

KOTAMOBAGUPOST.COM – Kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Gubernur Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tak luput dari perhatian media Barat.

New York Times (NYT) misalnya turun dengan laporan yang menyebutkan bahwa Ahok menangis ketika membacakan pembelaan dalam sidang yang digelar di Jakarta, hari Selasa (13/12) tersebut.

Senada dengan beberapa media di Barat, NYT juga menilai bahwa kasus Ahok adalah batu ujian bagi pluralisme dan toleransi di Indonesia. Dikatakan pula bahwa kasus ini bisa ‘eksplosif’, kata NYT yang mengutip pengamat Indonesia di Amerika Serikat, Jeffrey Winters.

Di Ingris, Harian The Guardian sementara itu mengutip pembelaan Ahok di persidangan bahwa dirinya tak punya niat untuk menistakan Islam, karena ia sendiri dibesarkan di lingkungan Islam.

“Tak mungkin bagi saya untuk menistakan Islam,” demikian salah satu kutipan The Guardian.

Digambarkan pula Ahok sempat menangis dua kali ketika membacakan pembelaan.

The Guardian menyebut bahwa sidang kasus Ahok adalah ujian terhadap komitmen Indonesia dalam mendorong keberagaman dan toleransi beragama.

The Washington Post memilih judul ‘Gubernur ibu kota Indonesia menangis di persidangan kasus penistaan agama’ dengan foto Ahok duduk di kursi terdakwa.

Menurut The Washington Post, sidang kasus ini ‘mengguncang pemerintah dan membuka garis keretakan agama dan ras di negara Muslim terbesar di dunia’. (lex)

Sumber : BBC Indonesia