oleh

Optimis Serapan Anggaran Diatas 90 Persen

Pemerintah Kotamobagu tetap Optimis serapan anggaran  hingga Akhir Desember Diatas 90 persen

KOTAMOBAGUPOST.COM – Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Kotamobagu pertanggal 16 Dsember 2016, telah melaksanakan progres serapan keuangan dan realisasi fisik sebagai tertuang dalam APBD Perubahan Tahun 2016.

Ralisasi anggaran itu, selain belanja langsung (belanja modal dan belanja barang dan jasa), juga termasuk belanja tidak langsung (gaji, tunjangan dan tambahan penghasilan PNS atau TPP). Sedangkan khusus belanja langsung (belanja modal dan belanja barang dan jasa), tercatat pagu anggaran sebesar Rp469.769.022.438 (sesudah perubahan), dengan realisasi anggaran sebesar Rp326.215.568.923 atau 69,44 persen.

Menurut Kabag Pembangunan Pemkot Kotamobagu Subhan Muchtar SE, progres keuangan APBD terus merangkak naik, seiring dengan percepatan progres fisik pada akhir tahun anggaran. Apalagi diperkuat dengan Keppres Nomor: 20 Tahun 2015 tentang tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara, dan anggaran pendapatan serat belanja daerah, ditambah Inpres Nomor: 1 Tahun 2015 tentang percepatan pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Khusus progres fisik, rata-rata sudah di atas 95 persen sampai dengan 97 persen. Sedangkan progres keuangan masih terus berproses di DPKAD,’’ kata Subhan melalui prees realéase, Selasa (20/12/2016).

Ditambahkan Subhan, dalam percepatan progres fisik dan keuangan tim EPRA,melakukan koordinasi dengan pimpinan SKPD. Langkah ini dilakukan agar kegiatan SKPD dipercepat sesuai dengan aturan. Begitu juga melakukan kroscek data dengan SIMDA DPKAD.

‘’Koordinasi ini kami lakukan agar data yang dilaporkan ke tim EPRA Pusat maupun tim EPRA Provinsi tidak tumpang tindih,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kadis DPPKAD Pemkot Kotamobagu Rio Lombone, S.STP, MH., mengatakan bahwa, data rekapan desk tim EPRA pembangunan satu data dengan data SIMDA SKPD. Satu data dan satu informasi dimaksudkan agar laporan ke pimpinan dan tim EPRA pusat benar-benar paripurna. Apalagi datanya langsung masuk ke aplikasi Monitoring dan Evaluasi Online LKPP-RI. Bahkan setiap tanggal 15 bulan berjalan akan dilaporkan kepada Presiden RI melalui tim EPRA pusat di Jakarta.

Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj. Tatong Bara, melalui Sekkot Kotamobagu Tahlis Gallang, SIP, MM., mengatakan bahwa pihaknya setiap bulan melaporkan progres keuangan dan fisik kepada pimpinan. Bahkan data DPPKAD dan desk tim EPRA pembangunan akan disatukan dan dilaporkan sesuai laporan dari pimpinan SKPD.

“Kami optimis, akhir bulan Desember progres fisik dan progres keuangan bisa capai 90-an persen,” ucap Tahlis. (Tim/Bmc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.