Menjaga Kebugaran Selama Musim Hujan

menjaga kondisi tubuh saat musim hujan
menjaga kebugaran saat musim hujan

KOTAMOBAGUPOST.COM – Menjaga kondisi atau kesehatan merupakan hal penting untuk dilakukan. Apalagi, ketika musim penghujan tiba maka tubuh harus benar-benar diperhatikan agar terhindar dari sakit.

Badan data dan informasi pengurus besar ikatan dokter Indonesia Andi Khomeini Takdir Harun mengungakapkan, ketika musim hujan daya tahan tubuh memerlukan banyak asupan energi.

Untuk mengantisipasi terjadinya sakit, maka ada sejumlah asupan yang harus dilakukan. Pertama Anda harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar, karena buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang alami.

Kemudian, kata Andi, Anda harus menjaga kebersihan. Sebelum mengkonsumsi makanan, pastikan dulu Anda dalam kondisi yang steril dari bakteri. Termasuk asupan yang akan Anda konsumsi

“Kalaupun harus jajan, maka kantin sekolah ikut berperan dalam menjaga kebersihan.”

Selanjutnya, biasakan diri Anda dengan berolahraga selama 15 menit baik pagi maupun sore. Hal itu dilakukan untuk merenggangkan otot-otot Anda. “Olahraga seperti biasa, ringan-ringan saja. Jangan pula terlalu keras, intinya jangan melelahkan tubuh Anda.”

Andi mengungkapkan, pada kondisi cuaca saat ini banyak jenis penyakit menyerang Anda. Terutama diare, flu bahkan sampai ke inspeksi saluran pernpasan akut. Untuk mencegah itu semua, dianjurkan untuk menjaga kebersihan secara pribadi.

“Gunakan masker jika Anda flu, jika diare Anda harus benar-benar memperhatikan makanan.”(lex)

(Sumber : terkini.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.