oleh

Momentum Hari Raya Ketupat, Persaudaraan Terus Terpelihara 

Momentum Lebaran Ketupat di Lolak menjadi perekat kebersamaan Pemerintah dan Masyarakat (dok  humas bm)
Momentum Lebaran Ketupat di Lolak menjadi perekat kebersamaan Pemerintah dan Masyarakat (dok humas bm)

KOTAMOBAGU POST – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Rabu, (13/07/2016) mengelar acara Halal Bi Halal Tingkat Kabupaten, sekaligus perayaan hari raya ketupat dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 1437 Hijriah, tahun 2016 Masehi.

Pelaksanaan hari raya ketupat ini dipusatkan  kompleks rumah Dinas Bupati Bolaang Mongondow di Desa Motabang Kecamatan  Lolak, perayaan halal bi halal di isi dengan berbagai kegiatan diantaranya Motor lambat, tarik tambang serta kegiatan lainnya dalam memeriahkan pasca Idul Fitri beberapa waktu lalu, dikuti oleh ribuan masyarakat yang memadati sepanjang Pantai Molosing hingga Pantai Bungin Kecamatan Lolak.

Bupati Bolaang Mongondow Salihi Mokodongan dalam sambutannya menyampaikan melalui acara halal bi halal ini, kita semua saling menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang kita raih setelah melaksanakan ibadah puasa dan ibadah di bulan suci ramadhan, mari kita saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling meminta dan memberikan maaf kepada sesama, atas segala khilaf yang pernah diperbuat serta mempertautkan hati dan pikiran dan perilaku kita dalam semangat kebersamaan dan persaudaraan sehingga kita kembali kefitrahnya.

Disamping itu acara ini merupakan ajang silahturahmi untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad kita guna lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa.

“Hal tersebut sangat diperlukan untuk mempererat jalinan sinergi dalam rangka mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarkatan di Kabupaten bolaang Mongondow,” ujar Salihi.

Disamping itu Bupati mengajak kita semua untuk selalu menjalin hubungan silahturahmi serta tetap mempererat tali persaudaraan sehingga solidaritas dan toleransi antar sesama umat beragama dapat terjalin dengan baik dan tetap menjaga persatuan, kesatuan, keamanan dan kedamaian diseluruh wilayah kabupaten Bolaang mongondow agar tercipta suasana yang kondusif sehingga pelaksanaan berbagai program pembangunan dapat berjalan baik.

Sementara itu Ketua Pelaksana Perayaan hari Besar islam (PHBI) Kabupaten Bolaang Mongondow, Teguh Haryanto mengatakan pelaksanaan acara ketupat dan halal bi halal merupakan rangkaian kegiatan pasca idul fitri saling bermaafan antara pimpinan dan bawahan, dimana kegiatan mengambil tema melalui hikmah halal bi halal kita tanamkan menu nilai revolusi mental umat beragama bolaang mongondow yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera.

“Perayaan lebaran ketupat merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat yang dipusatkan di ibukota lolak yang menjadi cermin kebersamaan Pemerintah dan Masyarakat untuk menbawa pembangunan daerah ini lebih maju,” katanya.

Acara halal bi halal dan ketupat ini juga, diisi dengan ceramah agama yang dibawahkan oleh ustadz Zulham Hiola, S.ag,SE, Msi. Turut Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris daerah Drs. Ashari Sugeha, Pimpinan Cabang Bank Sulut Lolak Kenedy Paputungan, Jajaran Pimpinan SKPD, ASN serta Ratusan Masyarakat se-Kabupaten Bolaang mongondow. (infotorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.