Bupati Bolmong Watung, Buka Bimtek RPJMD-Renstra

Bolmong, Headline1074 Dilihat
Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis dan Renstra Kabupaten Bolmong (dok : humas bolmong)
Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis dan Renstra Pembangunan Kabupaten Bolmong (dok : humas bolmong)

KOTAMOBAGU POST- Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2017-2022 dan Dokumen Rencana Strategi Daerah (RENSTRA)  SKPD bagi Aparatur Sipil Negara.

Kegiatan yang dilaksnakan Kamis (28/07/2016) oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) , bertempat di Hotel Sutan Raja Kotamobagu diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) perwakilan setiap instansi lingkup pemkab Bolmong.

Tampil sebagai pemateri dan narasumber dari Tim Bappeda Provinsi Sulawesi Utara. Bupati Bolmong Nixon Watung, SH dalam sambutanya menyampaikan rencana pembangunan jangka menengah daerah merupakan pejabaran dari visi misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan pembagunan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun.

Peserta Bimtek meliputi pejabat SKPD Bolmong saat dibuka olh Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung (dok : humas bolmong)
Peserta Bimtek meliputi pejabat SKPD Bolmong saat dibuka olh Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung (dok : humas bolmong)

“Program disusun dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Jangka Menengah Nasional. Dokumen RPJMD Kabupaten Bolaang Mongodow merupakan pedoman, dalam penyusunan RPJMD yang dijabarkan kedalam rencana strategis setiap SKPD, RKPD dan Rencana kerja SKPD untuk periode satu tahun,” kata Nixon,

Nixon menambahkan pelaksanaan bimbingan teknis pada hari kini penting dilaksanakan, karena dapat meningkatkan kemampuan kita dalam memprioritaskan sasaran pembagunan daerah, dalam upaya mewujudkan visi, misi dan program kepala daerah. Bupati Nixon watung Berharap  bimtek ini dapat menghasilkan suatu perencanaan pembangunan jangka menengah daerah, yang sesuai dengan kepentingan daerah dan kepentingan masyarakat serta terwujudnya sinkronisasi atau keterpaduan antara kepetingan masyarakat, dunia usaha dan pemerintah, dengan mempertimbangkan kondisi potensi serta permasalahan yang ada di daerah. Selanjutnya setlah mengikuti bimtek inipara peserta dapat memiliki kompetensi dalam penyusunan RPJMD dan Renstra SKPD.

Kepala BP3MS Kabupaten Bolaang Mongondow Ramlah Mokodongan mengatakan,  kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang sistem perencanaan daerah yang terintegrasi secara nasional sehingga dapat menghasilkan aparatur yang mempunyai kompetensi dalam penyusunan perencanaan pembagunan daerah,.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, kita dapat memahami gambaran umum penyusunan,  pengintegrasian, mampu mengimplementasikan serta mampu melakukan evaluasi dan pengendalian terhadap dokumen RPJMD dan Renstra SKPD, sehingga dapat menentukan indikator kinerja dalam penyusunan target dan capaian pembangunan SKPD,” terangnya. (audy kerap/infotorial).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.