Pilgub DKI, Ahok dan PDIP Terpopuler

Nasional889 Dilihat
Basuki Cahaya Purnama (dok : nasionalrepublika.co.id)
Basuki Cahaya Purnama (dok : nasional.republika.co.id)

Media Survei Nasional (Midian) memposisikan Ahok bernama lengkap Basuki Cahaya Purnama sebagai calon gubernur dengan popularitas 91,0 persen. Khusus survei partai, PDIP masih menduduki  elektabilitas tertinggi di DKI Jakarta. Posisi kedua Partai Gerindra dan kemudian Partai  Demokrat. Hal itu terungkap dalam survei  (Median) di Jakarta, Jumat (13/05/2016).

Menurut Direktur Riset Median, Sudarto, ketiga partai itu memuncak survei elektabilitas di DKI Jakarta salah satunya disebabkan soliditas ketiga partai relatif baik. “PDIP dengan perolehan 25,6 persen, Gerindra 17,2 persen, dan Partai Demokrat di urutan ketiga dengan elektabilitas 7,4 persen,” katanya dilansir dari media online : nasional.republika.co.id.

Menurut Sudarto, ketiga partai teratas ini relatif jauh dari konflik sehingga memudahkan konsentrasi menggarap suara publik. “Dalam survei, PDIP mengalami penurunan dibanding suara pileg 2014, Gerindra mengalami kenaikan, sedangkan PD relatif stabil,” katanya.

Survei ini juga melihat perolehan suara partai-partai lainya. Golkar 6,8 persen, Nasdem 5 persen, PKB 4,8 persen, PKS dan Hanura masing-masing 4,6 persen. Survei diadakan dalam jangka waktu 20 April sampai 4 Mei 2016, dengan sampel 500 responden warga DKI Jakarta, tingkat kepercayaan 95 persen, margin eror 4,5 persen.

Selain itu, popularitas figur Ahok menggungguli Yusril Ihza Mahendra dengan presentase 76,6 persen dan Tri Rismaharini 72,6 persen. “Kalau Ahmad Dani berada di posisi ke dua 80,6 persen ini wajar karena dia artis,” kata Sudarto.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.