JAM KERJA 10 ORGAN TUBUH MANUSIA

Organ Tubuh Manusia

BERIKUT SEPULUH ORGAN VITAL TUBUH MANUSIA yang juga memiliki jam kerja masing-masing. Organ tubuh ini akan bekerja aktif dan maksimal sesuai dengan fungsinya. Sangat penting sekali mengetahui jam berapa saja organ tubuh kita mulai bekerja. Hal ini untuk menjaga kesehatan organ dan tubuh kita. Berikut adalah jam kerja organ tubuh manusia versi ilmu Tradisional Tiongkok.

USUS BESAR. Pada pukul 05.00 – 07.00 usus besar sedang menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, yaitu untuk membuang racun. Oleh karena itu pada jam tersebut kita dianjurkan membiasakan diri untuk BAB secara teratur.

LAMBUNG – Yang kedua adalah lambung, pada pukul 07.00 – 09.00 lambung kita sedang berada pada kondisi kuat. Sehingga pada jam tersebut kita diharuskan untuk sarapan dengan makanan yang bergizi agar tubuh memiliki cadangan energi yang lebih banyak untuk beraktifitas pada siang hari menjelang makan siang.

LIMPA- Jam kerja organ tubuh manusia selanjutnya adalah limpa. Limpa akan bekerja dengan baik pada pukul 09.00 – 11.00. Pada jam tersebut limpa akan mengirimkan apa saja yang sudah diserap oleh lambung. Oleh karena itu pada saat jam tersebut kita akan merasa lesu dan mengantuk.

JANTUNG – Jam kerja jantung yaitu pada pukul 11.00 – 13.00. Saat jantung mulai bekerja, pastikan Anda menghindari panas serta hindarilah kegiatan yang dapat menguras tenaga. Hal ini dikarenakan oleh sifat  jantung yang panas.

USUS KECIL – Usus kecil memiliki fungsi untuk untuk memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk pengaturan dan penyaluran cairan. Untuk jam kerja usus kecil sendiri yaitu pada pukul 13.00 hingga 15.00.

KANDUNG KEMIH – Berbeda dengan usus kecil, organ tubuh manusia yang bekerja pada jam  15.00 – 17.00 ini berfungsi untuk menerima sisa cairan dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh berupa urine ataupun keringat.

GINJAL – Menurut teori Tradisional Chinese  Medicine, ginjal memiliki hubungan yang sangat erat dan penting dengan perkembangan dan pertumbuhan otak serta sum-sum tulang belakang manusia. Sehingga pada jam kerja ginjal yaitu pukul 17.00 – 19.00 sangat cocok digunakan untuk belajar untuk pelajar. Sedangkan untuk balita jam ini sangat baik digunakan untuk tidur. Karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

SELAPUT JANTUNG – Selaput jantung atau yang disebut dengan pericardium akan bekerja pada pukul 19.00 hingga 21.00. Oleh karena itu pada jam tersebut Anda disarankan tidak melakukan aktifitas dalam mengolah makanan. Karena lambung tidak melakukan aktifitasnya pada jam ini.

HATI – Pada jam 23.00 – 03.00 hati akan melakukan aktivitasnya yaitu membuang racun hasil metabolisme tubuh dan akan melakukan regenerasi sel-sel organ hati. Pada jam ini sangat disarankan untuk berhenti melakukan aktivitas dan sebaiknya beristirahat.

PARU PARU – Organ tubuh manusia yang  satu ini akan bekerja pada pukul 03.00 hingga 05.00. Pada saat paru-paru bekerja, biasanya akan menimbulkan bersin ataupun batuk tergantung pada kondisi tubuh. (***)