oleh

Suplemen dan Multivitamin

KOTAMOBAGU POST- Suplemen dan Multivitamin di jual bebas yang menggoda kita dengan tawaran doping untuk kesehatan tubuh kita. Namun, suplemen dan multivitamin manakah yang harus kita pilih?

Suplemen memiliki kandungan multivitamin apabila mengandung tiga atau lebih kandungan vitamin dan mineral yang dikemas dalam bentuk kapsul/tablet/pil/cairan.

dr. Felicia Setiawan, dari tanyadok.com, komposisi nutrisi pada masing-masing merek suplemen berbeda-beda. Sehingga pengguna suplemen harus memerhatikan takaran gizi pada label komposisi produk untuk mengetahui berapa banyak jumlah vitamin dan mineral yang terkandung dalam setiap kapsul/tablet/pil/sendok.

Ahli-ahli gizi menggunakan takaran recommended Daily Intake (RDI) dirilis oleh Food and Drug Administration (FDA), acuan nilai jumlah konsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh individu sehat. Suplemen sebenarnya adalah asupan tambahan dari makanan.

“Keberadaan suplemen tidak dapat menggantikan makanan pokok,” ujar dr. Felicia. Biarpun sudah mengonsumsi suplemen, tetap saja Anda harus menjaga gizi dari makanan pokok yang Anda makan. Nah, suplemen apa saja yang dapat kita temukan di pasaran?

  • Vitamin, merupakan micronutrien dan ko-enzim yang diperlukan untuk membentuk energi. Vitamin dibedakan menjadi 2 tipe berdasarkan kemampuan kelarutannya, yaitu yang larut di dalam air (vitamin C, dan B kompleks) dan yang dapat larut di dalam minyak (vitamin A,D,E, dan K).
  • Mineral, dapat ditemukan dalam bentuk senyawa ataupun berdiri sendiri tanpa ikatan dengan mineral lainnya. Mineral digunakan untuk membangun tulang, otot. Selain itu, mineral diperlukan dalam reaksi kimia untuk siklus tubuh sehari-hari. Contoh mineral antara lain tembaga, besi, zinc, dan chromium.
  • Asam amino, dibuat dari protein yang berguna untuk zat pembangun. Asam amino banyak digunakan oleh atlit binaraga dan olahragawan. Terdapat sekitar 28 jenis asam amino yang dapat saling dikombinasikan untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. Contoh asam amino antara lain L-arginine, L-carnitine, L-glutamine.
  • Antioksidan, merupakan kelompok vitamin, mineral dan enzim yang dapat membantu melawan oksida bebas dan radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Contohnya adalah melatonin, zinc, vitamin C, dan koenzim Q10.
  • Enzim, merupakan senyawa protein yang berperan untuk mencerna makanan, merangsang perkembangan otak, memperbaiki sel dan sebagai katalisator energi. Beberapa enzim yang terkenal adalah amilase, selulase, lipase, laktase,  dan protease.
  • Madu, lidah buaya, propolis dan bee pollen, yakni bahan dari alam yang dapat langsung dipakai.
  • Rempah-rempah, adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk penyembuhan dan menjaga fungsi tubuh tetap prima. Rempah bisa dipakai sebagai obat dengan takaran yang sesuai. Contohnya adalah bawang putih, jahe, ginseng, mengkudu, kumis kucing.
  • Asam lemak esensial, biasa dikenal sebagai essential fat acid atau EFAs. Asam lemak jenis ini digunakan untuk menyediakan asam lemak dan zat pembangun karena EFA tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Contohnya adalah minyak ikan, minyak bunga matahari, minyak biji anggur, minyak borrage atau bunga bintang.
  • Bioflavinoids, berfungsi untuk meningkatkan penyerapan vitamin. Seringkali bioflavinoids diberikan bersamaan dengan vitamin C.
  • Makanan hijau, digunakan untuk detoksifikasi tubuh dan sebagai sumber energi. Contohnya adalah: Chlorella, spirulina, rumput barley, ekstrak rumput gandu.
  • Serat, digunakan untuk membantu menurunkan nilai kolesterol dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal di dalam tubuh. Contohnya adalah: pectin/serat apel dan gandum. Demikian topik bahasan kita tentang Suplemen dan Multivitamin yang dikutip dari berbagai sumber. (mci/***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

2 komentar

  1. Hello there! I could have sworn I’ve visited your blog
    before but after browsing through a few of the posts I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m certainly happy I found it and I’ll be bookmarking it and checking back
    regularly!

  2. One of the fundamental concepts connected with accounting is that a business is a separate organization,
    distinct from it is owners Obviously, it is easy to rapidly get in over your head.

News Feed