Potensi Pasok PAD Besar,  Kotamobagu Butuh ‘Pabrik’ Daur Ulang Limbah Plastik

Mesin daur ulang limbah plastik yang berpotensi memasok PAD pengolahan sampah plastik dihasilkan oleh warga Kota Kotamobagu sebanyak 1800 ton perbulannya. (dok : id.plasticorecicladoget.com)

KOTAMOBAGU POST – Produksi sampah plastik yang dihasilkan tiap bulannya oleh masyarakat Kota Kotamobagu, dari tahun ke tahun limbahnya terus saja naik tajam.

Bahkan pada awal tahun 2019 ini, DInas Lingkungan Hidup Kota Kotamobagu mencatat, perbulannya sampah dihasilkan oleh masyarakat Kotamobagu, yakni rata-rata seberat 1800 ton.

Plt.Kepala DLH Kotamobagu Alfian Hasan ST, kepada Kotamobagu Post mengakui, setiap harinya sampah yang diangkut dari seluruh penjuru Kotamobagu, meliputi sampah organic dan sampah plastic.

“Nanti kemudian kita melakukan pemisahan antara sampah plastic dan sampah organik,” katanya.

Menurutnya, sampah plastic yang dipisahkan di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mongkonai, cukup memberikan dampak manfaat dan berpotensi sumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Disinggung Kotamobagu Post terkait wacana pembangunan pabrik daur ulang sampah plastic, Alfia Hasan tidak memetisnya.

“Sebagai leading sektor pengelola sampah, nantinya kami akan bahas khusus dan matangkan kajian untuk perencanaan tentang manfaat dibangunnya fasilitas daur ulang sampah plastik,” ungkap Alfian, menjawab pertanyaan Kotamobagu Post, diruang kerjanya. (audie kerap)

Kategori: Breaking News, KotamobaguTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Potensi Pasok PAD Besar,  Kotamobagu Butuh ‘Pabrik’ Daur Ulang Limbah Plastik"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.