Pemerintah dan Masyarakat Kotamobagu Peringati HUT Koperasi ke-72 Tahun 2019

Suasana upacara Apel Korpri dan peringatan HUT Koperasi ke 71 tahun 2019 (foto : istimewa)

KOTAMOBAGU POST – Pemerintah Kota  Kotamobagu menggelar upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 dirangkaikan dengan Apel Korpri di Lapangan Bokihotinimbang Kotamobagu.

Upacara digelar pada Senin (22/7/2019) di Alun Boki Hontinimbang, tampil selaku inspektur upacara yakni Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan.

Nayodo Koerniawan membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia.

Dalam amanat yang dibacakan, Nayodo menjelaskan koperasi adalah salah satu kelembagaan perekonomian rakyat, dimana kedudukan dan perannya dalam membangun ekonomi bangsa mempunyai arti dan makna tersendiri.

 

Arus globalisasi dan era digitalisasi mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat yang kuat dan berkembangnya zaman membuat terjadinya berbagai perubahan di Indonesia, tak terkecuali dengan koperasi.

 

Untuk itu, koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan Bekal Sumber Daya yang handal yang didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian.  Hal ini sejalan dengan arahan pidato Presiden RI Joko Widodo pada peringatan hari koperasi nasional ke- 71 Tahun 2018.

Mengambil tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, koperasi diharapkan mampu menghadapi tantangan baru du dunia perkoperasian. Tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang sudah berjalan selama ini.

“Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir ini, mendorong koperasi agar mampu beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai  kreativitas dan inovasi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu, koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya. Dengan demikian diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia,” ujar Wawali.

Hadir dalam upacara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkot Kotamobagu, Camat, Lurah, Sangadi, Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkot Kotamobagu serta Perangkat Desa Kelurahan. (***/tim kpc)

Kategori: KotamobaguTag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemerintah dan Masyarakat Kotamobagu Peringati HUT Koperasi ke-72 Tahun 2019"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.