Yuk Wisata Pemandian Air Panas di Desa Bilalang I di Kota Kotamobagu 

Kotamobagu900 Dilihat
Air Panas menjadi salah satu objek wisata alam di Desa Bilalang Satu Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU POST – Melirik wisata alam di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara, rupanya memilik sejumlah potensi unik untuk dikunjungi.

Misalkan terdapat Batu putih malelalang, juga objek wisata Air Panas yang konon kata masyarakat setempat adalah akar dari Gunung Ambang. Jarak lokasi Air Panas sekira 1 kilometer dari pemukiman warga. Hanya dengan berjalan kaki selama 15 sampai 30 menit pengunjung sudah sampai di lokasi Air Panas.

Warga Desa Bilalang I, Herlina Mokoginta, menuturkan, dari cerita warga, Air Panas tersebut merupakan tempat pemandian warga Bilalang pada zaman dahulu.

“Kalau menurut orang tua dulu, air panas ini me rupakan sambungan dari akar Gunung Ambang. Sempat menjadi pemandian warga sekitar, tapi sekarang sudah tidak sehingga tempatnya kelihatan tidak terawat lagi,” tutur Herlina.

Menurutnya, Air Panas itu diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

“Biasanya orang tua yang sakit-sakitan datang mandi atau sekadar berendam. Apalagi bagi mereka yang mengalami penyakit kulit,” ujarnya.

Pemerintah Desa Bilalang I katanya, bakal melakukan rehabilitasi dan perbaikan sarana penunjang di lokasi tersebut. Bahkan, lokasi tersebut sudah pernah dikunjungi Pemerintah Provinsi Sulut untuk pengembangan wisata.

“Waktu itu mereka didampingi Dinas Pariwisata Kotamobagu. Lewat dana desa, kami akan upayakan tempat itu menjadi wisata Kotamobagu. Tentunya dengan membangun sarana dan pra sarana seperti akses jalan dan lainnya,” tandasnya. (kifli koto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.