Swesembada, Produksi Budidaya Ikan Nila di Kota Kotamobagu 

banner 468x60
banner 160x600

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kotamobagu Mencatat kenaikan produksi ikan didominasi oleh ikan nila ( dokumentasi : kotamobagupost.com )

KOTAMOBAGU POST – Kawasan Kota Kotamobagu yang memiliki luas produksi kolam ikan 170,1 hektar, mampu mencukupi kebutuhan konsumsi atau swasembada dibidang produksi ikan, khususnya Ikan Nila.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Muljadi Soeratinojo menjawab pertanyaan Kotamobagu Post diruang kerjanya baru-baru ini mengatakan, hingga posisi tahun 2017 lalu, instansinya mencatat realisasi produksi budidaya ikan, seberat 733,841 ton.

“Itu artinya, produksi ikan yang didominasi ikan nila, lebih dari cukup untuk konsumsi kebutuhan protein ikan untuk masyarakat Kotamobagu,” kata Soeratinojo.

Pihak Dinas Pertanian dan Perikanan, katanya, saat ini terus melakukan pemeliharaan kolam pembibitan ikan yang dimiliki Pemerintah Kotamobagu.

“Bibit ikan berbagai jenis, sudah diatur dalam Peraturan Daerah untuk harga per-ekornya. Sangat murah. Selain untuk penjualan bibit ikan, juga ada program bantuan bibit ikan untuk kelompok pembudidaya ikan di kawasan Kotamobagu,” terangnya.

Terkait munculnya isu, pihak restoran dan rumah makan di kawasan Kotamobagu yang selama ini hanya membeli ikan diproduksi dari Danau Tondano, menurut Muljadi Soeratinojo, itu sangat relative.

“Pengecekan kami, seluruh rumah makan dan restoran disini, menyajikan ikan nila yang dibeli dari pembudidaya ikan di Kotamobagu. Kalaupun ada ikan nila dari luar daerah yang masuk, itu relatif saja,” tambahnya. (audy kerap)

Category: Breaking News, KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Swesembada, Produksi Budidaya Ikan Nila di Kota Kotamobagu "

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.