Dinas Kependudukan Jelaskan Manfaat Anak Memiliki Kartu Identitas Anak (KIA)

banner 468x60
banner 160x600

Masyarakat Kotamobagu khusus para ortu dimbau agar segera mengurus Kartu Identitas Anak atau KIA di Dinas Kependukan dan Catatan Sipil Kota Kotamobagu

KOTAMOBAGU POST – Pemerintah Kota Kotamobagu terus bekerja keras agar seluruh anak berusia dibawah 17 tahun atau yang belum bisa memiliki Kartu Tanda Penduduk Eletronik (e-KTP), bisa segera mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Virgina Olii, KIA manfaat anak-anak memiliki KIA, sangat penting karena punya legalitas seperti e-KTP yang dimiliki oleh orang dewasa.

“Manfaat KIA bagi anak-anak, yakni sebagai pengenal anak agar dalam mengurus administrasi untuk kepentingan si anak, orang tuanya tidak perlu membawa-bawa Kartu Keluarga,” kata Kadis Dukcapil, Virgina Olii pada Kotamobagu Post, Rabu (11/07/2018).

Dikatakan, jika anak sudah memiliki KIA, maka Nomor Induk Kependudukan sang anak, berikut golongan darah si anak serta foto anak tersebut, akan dicantumkan dalam KIA.

“Sehingga dapat mempermudah bagi orang tua ketika mengurus administrasi anak. Misalkan anak sedang sakit, dan darurat segera membutuhkan darah, maka dalam KIA, sudah dicantumkan golongan darah si anak bersangkutan,” terangnya.

Lanjut, kendala yang dihadapi instansinya ketika ada orang tua mau mengurus KIA bagi anak mereka, yakni si anak takut saat diambil darah.

“Itu alasan banyak orang tua, karena si anak takut diambil darah untuk diperiksa golongan darahnya. Nah pihak orang tua harus bijaksana, sebab diparsyaratkan dalam KIA, golongan darah si anak harus dicantumkan,” paparnya.

Terkait dengan upaya maksimal Disduk Capil untuk memberikan KIA bagi seluruh anak-anak di Kota Kotamobagu, pihaknya aktif mensosialisasikan ke pihak sekolah-sekolah, juga bekerja sama dengan para Lurah dan Sangadi. (mc/ajk/infotorial diskominfo kotamobagu)

Category: KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Dinas Kependudukan Jelaskan Manfaat Anak Memiliki Kartu Identitas Anak (KIA)"