Riset Tanah dan Iklim Untuk Tingkatkan Produksi Kopi dan Kakao di Perkebunan Mobalang 

banner 468x60
banner 160x600

KOTAMOBAGU POST – Laju pertumbuhan pembangunan fisik di Kota Kotamobagu harus berimbang dengan peningkatan produksi pertanian. Hal inilah membuat Pemerintah Kota Kotamobagu berkomitmen meningkatkan produksi tanaman Kopi dan Kakao.

Salah satu inovasi untuk mewujudkan hal ini, tekstur tanah di kawasan Kotamobagu akan dilakukan penelitian oleh para ahli geologi untuk menentukan jenis tanaman kopi dan kakao yang paling cocok dengan kondisi tanah agar mampu mendongkrak produksi.

Hal ini dikatakan Asisten Perekonomian Pemerintah Kota Kotamobagu, Gunawan Damopolii, baru-baru baru ini.

“Pemerintah Kota Kotamobagu akan melakukan penelitian tekstur tanah di sejumlah wilayah perkebunan yang ada di Kotamobagu. Riset tentang tekstur tanah wilayah Perkebunan Mobalang Desa Poyowa Besar adalah untuk menentukan jenis tanaman kopi dan kakao yang cocok di perkebunan itu,” ungkap Gunawan Damopolii.

Dikatakan, Pemerintah Kotamobagu akan bekerjasama dengan Pusat Penelitian Tanaman Kakao agar kawasan perkebunan khususnya Kopi dan Kakao di Perkebunan Mobalang Kecamatan Kotamobagu Selatan, dapat meningkatkan produksi panen.

Selain textur tanah katanya, iklim di kawasan Kotamobagu yang memiliki curah hujan tinggi akan dilakukan penelitian seberapa besar pengaruh produksi tanaman jenis Kakao dan Kopi.  (infotorial diskominfo kotamobagu/uci/tim kpc)

Category: KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Riset Tanah dan Iklim Untuk Tingkatkan Produksi Kopi dan Kakao di Perkebunan Mobalang "