Menuju Smart City, Diskominfo Targetkan Kawasan Kotamobagu Dijangkau Internet 

banner 468x60
banner 160x600

Yani Umar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotambagu (foto : istimewa)

KOTAMOBAGU POST – Menuju Kota Cerdas atau Smar City adalah program prioritas semasa kepemimpinan Walikota Ir Tatong Bara, yakni 33 Kelurahan dan Desa diharapkan bisa dijangkau jaringan internet dikelola oleh Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinas Yani Umar SE, saat ini baru sebagian desa dan kelurahan yang sudah dijangkau internet melalui pengelolaan Data Center.

“Perencanaan kedepan, instansi kami memprogramkan internet bisa menjangkau seluruh desa dan kelurahan.  Hal ini untuk membantu system pelayanan di Kelurahan dan Desa mudah mengakses internet yang nantinya disesuaikan dengan program penerapan input data melalui aplikasi,” kata Yani Umar, Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu.

Senada hal itu, Kepala Bidang Teknologi dan Informatika (TIK), Yusrin Mantali mengatakan, untuk perencanaan ketersediaan jaringan internet di seluruh desa dan kelurahan di Kota Kotamobagu, maka wajib didukung oleh ketersedian fasilitas tower pemancar.

“Kawasan 33 desa dan kelurahan di Kotamobagu kita targetkan dijangkau dengan jaringan internet. Tentu saja penambahan fasilitas tower juga harus tersedia, karena signal wifi nantinya dipancarkan dari tower tersebut,” papar Mantali, bar-baru ini.

Dikatakan, pihak Diskominfo Kotamobagu telah melakukan survei dan observasi dilokasi yang nantinya menjadi titik pemasangan fasilitas tower pemancar wifi.

“Untuk bisa menjangkau seluruh desa dan kelurahan, kita masih membutuhkan kurang lebih 34 tower. Titik-titik pemasangan tower sudah kita dapatkan. Dengan fasilitas ini, maka jaringan signal internet bisa diakses oleh seluruh desa dan kelurahan,” tambahnya. (infotorial diskominfo kk)

Category: KotamobaguTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Menuju Smart City, Diskominfo Targetkan Kawasan Kotamobagu Dijangkau Internet "