Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Bolmut Gelar Festival Budaya Palelat

banner 468x60
banner 160x600

Sekda Bolmut Asiripan Nani saat membuka resmi Festival Palelat tingkat Kabupaten yang diikuti oleh 72 kelompok dari enam kecamatan (foto : Gandhi Goma)

KOTAMOBAGU POST- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sukses menggelar kegiatan Festival Palelat dalam rangka memperingati Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW, di tahun 2017 ini.

Tampak menu makanan tradisional milik 72 kelompok yang ditaruh dalam pernak-pernik wadah siap mengikuti Festival Budaya Palelat (foto : Gandhi Goma)

Palelat diketahui adalah budaya turun temurun oleh masyarakat muslim di daerah Bolmut untuk menyajikan menu tradisional berbagai jenis dari hasil bumi dan hasil laut di Kabupaten Bolmut.

Pantauan Kotamobagu Post, Festival yang digelar di Lapangan Kembar Boroko, Desa Kaidipang pada Jumat (01/12/2017), tampak ribuan masyarakat Bolmut tumplek menyaksikan Festival Palelat.

Tarian Adat Bolmut mewarnai pembukaan resmi kegiatan Festifal Palelat dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (foto : Gandhi Goma)

Menurut Ketua Panitia Festival Palelat, Abdul Nasarudin Maloho SPd, Festival Palelat untuk pertama kali sejak Kabupaten Bolmong Utara dimekar 10 tahun silam, digelar melibatkan peserta dari wilayah enam kecamatan se-Kabupaten Bolmut.

“Peserta Festival Palelat, merupakan utusan dari enam kecamatan, terdiri lembaga pendidikan, lembaga adat, satuan dinas perangkat daerah, ormas, dengan jumlah kurang lebih 72 kelompok,” kata Ketua Panitia Abdul Maloho SPD, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmut.

Para Tokoh adat di Kabupaten Bolmut yang hadir langsung dalam kegiatan Festifal Palelat (foto Gandhi Goma)

Senada hal itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut, DR. Asripan Nani, MSc mengatakan, Festival Palelat ini nantinya akan menjadi ikon budaya tradisional Kabupaten Bolmut yang nantinya menjadi agenda tahunan.

“Palelat merupakan budaya turun temurun di Kabupaten Bolmut dan akan terus kita lestarikan sebagai aset budaya dan aset wisata bagi daerah kita,” kata Sekda Asiripan Nani, usai membuka resmi Festival Palelat mewakili Bupati Depri Pontoh, siang tadi di Lapangan Kembar Boroko.

Dikatakan, ketika setiap orang yang akan datang ke Bolmut sudah pasti akan menanyakan peninggalan budaya dan obyek wisata yang menjadi aset daerah Bolmut.

Palelat milik Kecamatan Bintauna yang tampil dalam Festival Budaya di Lapangan Kembar Boroko (foto : Gandhi Goma)

“Dan bersyukur, Kabupaten Bolmut sudah memiliki ikon daerah, yaitu pertama obyek wisata Pantai Batu Pinagut, kedua taman bunga terindah Minanga, ketiga adalah istana radja Komaliq,” kata Asiripan.

Menurutnya 3 objek wisata tersebut, yang sudah tercatat di Kementerian Pariwisata RI

“Dan untuk selanjutnya kita akan usulkan Festival Budaya Palelat dan wisata laut Pulau Bongkil untuk menjadi aset budaya dan wisata di Kementerian Pariwisata,” ujarnya.

Tampak Festival Palelat diawali dengan prosesi tarian adat diringi dengan ketukan musik gamelan, yang ikut dihadiri oleh Kejari Bolmut di wakili Kasie Pidum Hendra Wijaya SH, MH, Kapolsek Urban Kaidipang, ibu wakil Bupati Bolmut, serta seluruh undangan lainnya dalam jajaran lembaga adat. (Gandhi Goma/Advertorial)

Category: Bolmut, Breaking NewsTags:
Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Bolmut Gelar Festival Budaya Palelat"