Kelurahan Matali Berdiri Sebelum Tahun 1902, Bernama Desa Mantali (1)

Headline, Kotamobagu2933 Dilihat
Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur berdiri sebelum tahun 1902 dengan nama Desa Mantali yang berasal dari kata Mosali atau membeli,kemudian sesudah Belanda masuk tahun 1902 berubah nama menjadi Matali.  (dok : kpc)

KOTAMOBAGU POST – Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Timur, wilayah administrasi Kota Kotamobagu menurut sejarah, mulai berdiri Tahun 1902.

Alkisah sejarah Kelurahan Matali ini, dikisahkan sebelum tahun 1902 orang pertama di Desa Matali bernama Kibukut dan anaknya bernama Tempo yang memiliki teman bernama Mantali.

Nama Mantali sendiri berasal dari kata Mosali artinya membeli. Kemudian pada tahun 1902 saat Belanda masuk, diganti nama menjadi Matali.

Tercatat ada 4 orang tokoh penting yang memimpin Desa Mantali yakni; Tanod, Bambela, Kalaludi dan Bangol.

Dilain pihak, pada tahun 1900 hingga 1911, tokoh bernama Tungkagi Linggatu merintis Matali Tua.

Kemudian pada tahun 1912-1914, L.J.C Manoppo merintis jalan menuju Motoboi Besar ke Motoboi Kecil dan Sinindian, selanjutnya ke Pobundayaan. Tokoh inilah yang mendirikan Masjid pertama Matali atau disebut Langgar.

Sejak tahun 1902 di Desa Matali hingga Tahun 2017 ini, sudah mencatat dijabat oleh Sangadi (Kepala Desa) Pejabat Lurah, yakni sebanyak 26 Pejabat. Jadi jika ditambahkan dengan 4 tokoh pemimpin Desa Mantali (sebutan desa sebelum tahun 1902), total Kelurahan Mantali hingga tahun 2017 sudah dipimpin oleh 30 orang tokoh pemimpin. (sumber; catatan sejarah Kelurahan Matali/audie kerap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.